Header Ads

Amanat Dari Para Kiyai,Bupati Buat Program Baru Untuk SD dan SMP

KAJEN – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si saat menghadiri pengajian umum dalam rangka peringatan Isra Miraj sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW di Dukuh Kejamas Desa Banjarsari Kecamatan Doro,menyampaikan program baru untuk siswa-siswi SD dan SMP.Rabu (28/38). 

"Saya memiliki program bagi anak-anak SD Negeri, SMP Negeri, yakni  setiap hari mereka akan menghafal kitab-kitab kecil. Yang pertama akan kita launching yaitu kitab Risalatul Awwal (kitab akidah) untuk menuntun kita agar mengerti tentang wujudnya Allah SWT, percaya akan Nabi Agung Muhammad SAW, dan lain sebagainya. Insya Allah mulai tahun ajaran 2018/2019 program tersebut akan kita launching. Dan anak-anak SD Negeri dan SMP Negeri menghafal kitab-kitab kecil tersebut dengan menggunakan bahasa Jawa khas Pekalongan," ungkapnya.

Dikatakan,hal tersebut sekaligus untuk nguri-nguri budaya bahasa Jawa dan sekaligus karena memiliki Amanat yang harus dikerjakan dari guru-guru Bupati Pekalongan.

“Hal ini saya lakukan karena amanat dari para guru saya antara lain Maulana Habib Abdullah Baqir Ahmad, Maulana Habib Luthfy, Almukarom KH. Ahmad Saidi, Almukarom KH. Ahmad Taufiqurrahman Wonopringgo. Saat saya dilantik dahulu, mereka berpesan agar saya membangun pendidikan agama dan pendidikan umum di Kota Santri,” ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada seluruh anak-anak Kabupaten Pekalongan untuk bersekolah seperti biasanya, tetapi jangan pernah meninggalkan mengaji karena hukumnya wajib untuk bekal kita dunia dan akhirat.

“Saya menyadari kalau di sekolah-sekolah negeri, kalau kita hanya menyekolahkan anak di sekolah negeri, ilmu agamanya kurang. Oleh karena itu akan saya lengkapi dengan program menghafal kitab-kitab itu. Hal ini untuk mengantisipasi apabila putra-putri kita belum sempat mengaji karena konsentrasi sekolah. Untuk itu saya minta dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan agar program ini berjalan dengan baik,” imbuh Bupati.

Powered by Blogger.