Header Ads

Dongkrak Peserta Pemilu,KPU Gelar FGD

KAJEN - KPU Kabupaten Pekalongan menggelar  kegiatan Forum Grup Discusion (FGD) dengan merangkul semua segmen dalam rangka menyukseskan Pilgub Jawa Tengah 2018, Selasa (27/2).

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Abi Rizal mengungkapkan bahwa kegiatan digelar untuk mendongkrak peserta pemilu dari berbagai segmen.


"KPU Kabupaten Pekalongan memiliki 5 segmen yang sudah dibentuk sejak 2015, yaitu segmen keagamaan, segmen perempuan, pemilih pemula, merginal dan disabilitas. Untuk itu mereka kita undang dalam rangka 
memberikan masukan terkait dengan program KPU untuk mensukseskan Pilgub Jawa Tengah 2018," ungkapnya.


Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama untuk Pilgub yang akan digelar dalam waktu dekat.


"Karena di Kabupaten Pekalongan ini partisipasinya termasuk yang rendah. seperti di 2008 partisipasinya hanya 54 persen, 2013 sebanyak 47 persen.Ini sangat rendah sekali, makanya kami dorong kerjasama semua segmen tadi melalui sosialisasi.Supaya target 77,5 persen partisipasi pemilu bisa tercapai."


Dikatakan,KPU memiliki program sosialisasi bersama masyarakat yang terwakili dalam 5 segmen dan ada 30 kelompok yang akan difasilitasi oleh KPU untuk melakukan kegiatan sosialisasi,yang mana sosialisasi tersebut dilaksanakan mulai Maret sampai Mei.


"Pemilih sekarang itu wajib EKTP, sementara data hasil Coklit kemarin ada 41 ribu penduduk berpotensi pemilih namun belum ber EKTP.Kita sosialisasikan ke seluruh element supaya  41 ribu penduduk itu ber EKTP," tambahnya. 

Hadir dalam FGD tersebut,perwakilan dari BEM Perguruan Tinggi yang ada di Kota Santri, organisasi perempuan dan LSM.
(Ros-Nk)




Powered by Blogger.