Header Ads

TP PKK Kecamatan Tirto Masuk Tiga Besar Lomba IVA Test Tingkat Provinsi Jawa Tengah

KAJEN – TP PKK Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan masuk tiga besar dalam lomba IVA test tingkat provinsi Jawa Tengah dan akan bersaing dengan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Cilacap untuk meraih juara I Tingkat Jawa Tengah.
Tim penilai lomba Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA test) yang diketuai oleh Tuti Hendrawan, dari Kelompok Kerja  (Pokja) IV TP PKK Provinsi Jawa Tengah, beserta rombongan diterima langsung oleh Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si beserta istri yang notabene adalah Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan,Selasa (16/1).


Tim penilai lomba dari provinsi melakukan kegiatan penilaian IVA test yang dipusatkan di Puskesmas I Tirto.

Dalam laporannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Pekalongan,  Dra. Hj. Munafah menyampaikan, TP. PKK Kabupaten Pekalongan, selama ini melaksanakan kegiatan IVA test secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Kami melakukan penyuluhan, sosialisasi IVA tes, ditingkat kota, kelurahan, kecamatan, sekolah menengah atas, pengajian-pengajian, perusahaan-perusahaan, rumah sakit, dan menggerakan masyarakat untuk periksa tes IVA," ungkapnya.

Adapun peran PKK Kabupaten Pekalongan dalam pengobatan terapi kanker, PKK bekerjasama dengan Puskesmas melakukan pendampingan dan pemeriksaan dengan mendatangi langsung ke masyarakat melalui Program Homecare. Selain itu, membantu proses rujukan ke rumah sakit, serta memfasilitasinya dengan ambulan gratis

“Upaya pencegahan terus kami upayakan, dengan terus melakukan penyuluhan, sosialisasi serta pemeriksaan agar masyarakat Kabupaten Pekalongan senantiasa sehat dan semakin peduli terhadap kesehatannya, terutama kesehatan leher rahim,” ucap Ny. Munafah Asip.

Kemudian, Bupati Pekalongan, KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si, menuturkan, peningkatan kualitas kesehatan perempuan yang dilaksanakan melalui kegiatan tes IVA di Kabupaten Pekalongan, melalui deteksi metode IVA diharapkan dapat semakin meminimalisir penyakit kanker serviks.


"Kami juga berharap, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan berkesinambungan sehingga masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA test sebagai deteksi dini pencegahan kanker serviks,” jelasnya.

Powered by Blogger.