Header Ads

Menteri Susi Mengingatkan Pentingnya Laut Sebagai Bentuk Kedaulatan Indonesia

Hasil gambar untuk foto menteri susi
(foto: Reuters)
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bercerita soal pentingnya laut sebagai bentuk kedaulatan Indonesia. Menurut Susi, laut Indonesia yang luas merupakan berkah bagi Indonesia.

"Kelautan adalah sisi yang menyangkut, merangkum kedaulatan. Kelautan adalah kedaulatan. Apa yang saya lakukan di dalam menjaga kedaulatan laut Indonesia adalah terkait sumber daya ikan, sumber daya alam yang ada di lautan Indonesia," kata Susi dalam Seminar Nasional Penegakan Hukum Terhadap Perempuan yang Berhadapan dengan Hukum di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (20/1/2018).

Susi menceritakan soal sejarah Indonesia yang diakui sebagai negara kepulauan yang diakui dunia. Hal ini berawal dari Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja.

Menurut Susi, jika tak diakui sebagai negara kepulauan, maka Indonesia hanya bisa menikmati laut dan kekayaan di dalamnya sejauh 3 mil dari bibir pantai.

Ia menyebut butuh rekonsiliasi nasional untuk mengatasi masalah illegal fishing di Indonesia. Tujuannya, untuk mencegah semakin menurunnya jumlah nelayan dan ekspor ikan di Indonesia.

(Sumber : Detik.com)


Powered by Blogger.