Header Ads

Temui Jokowi, Ibu Negara Afghanistan Bahas Pertukaran Ulama

Hasil gambar untuk gambar jokowi dan ibu negara afghanistan
(Foto : Bisnis.com)
Jakarta - Ibu Negara Afghanistan Rula Ghani menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (5/12). Rencana pertukaran ulama menjadi salah satu topik pembahasan dalam pertemuan itu.
"Kemudian juga (dibahas) bagaimana pertukaran ulama, antara kedua belah pihak,” ujar Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi yang mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.
Retno mengatakan, hal ini merupakan bagian kerja sama setelah Indonesia mendirikan Indonesia Islamic Centre (IIC) di Kabul, Afghanistan.

“Di Afganistan Indonesia memiliki IIC. Masjidnya sudah berdiri, kita sekarang mulai pembangunan health clicnic," ucap Retno.

Selain itu, Retno menyampaikan, Rula juga mengungkapkan rasa kagum atas kemajuan perempuan Indonesia. Menurutya, Rula melihat banyak organisasi di bidang kewanitaan yang membantu serta memberdayakan perempuan di Indonesia.

Rula juga membahas peran perempuan Indonesia yang diberdayakan untuk membantu mendorong ekonomi melalui kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menurut Retno, Rula bahkan ingin kembali ke Indonesia untuk meninjau peranan perempuan di tingkat masyarakat desa.


"Misalnya, Wahid Institute telah memiliki kerja sama yang sudah sangat maju dengan UN Woman untuk pemberdayaan perempuan pada level di grassroot level. Itu hal-hal yang beliau ingin dalami lagi," ujarnya.

Tak hanya itu, Jokowi dan Rula juga berdiskusi seputar langkah Indonesia dan Afghanistan  dalam mewujudkan perdamaian.

"Peace building ini diharapkan, misalnya berbagi pengalaman mengenai bagaimana Indonesia menangani konflik yang pernah ada di Indonesia dan bagaimana Indonesia merangkai 17.000 pulau menjadi satu Indonesia," tutur Retno.

(Sumber : CNN Indonesia) 
Powered by Blogger.