Header Ads

MK tolak gugatan uji materi pasal asusila

MK tolak gugatan uji materi pasal asusilaMahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan uji materi ketentuan Pasal Pasal 284, Pasal 285 dan Pasal 292 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang mengatur mengenai perzinaan, perkosaan, dan pencabulan.

Dalam pertimbangan hukumnya, Mahkamah berpendapat bahwa pasal-pasal yang dimohonkan pengujiannya tidak bertentangan dengan UUD 1945, sehingga permohonan para Pemohon dinilai tidak beralasan menurut hukum.

Mahkamah berpendapat bahwa gagasan pembaruan yang ditawarkan oleh Pemohon seharusnya diajukan kepada pembentuk undang-undang.

Mengenai dalil Pemohon yang menyebutkan bahwa adanya kerusakan sistem tatanan sosial akibat perbuatan zina ataupun penyuka sesama jenis akibat kekosongan hukum, Mahkamah berpendapat bahwa kekosongan demikian seharusnya diisi melalui proses legilasi oleh pembentuk undang-undang.

Pada sidang pendahuluan, para pemohon menyampaikan bahwa KUHP disusun oleh mereka yang tidak meyakini Pancasila sebagai sumber hukum di Indonesia, karena KUHP disusun oleh para ahli hukum Belanda para ratusan tahun lalu.

Oleh sebab itu, para pemohon berpendapat bahwa ketentuan dalam KUHP tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan tidak cukup jelas untuk melindungi hak konstitusional para pemohon.

Para pemohon juga meminta supaya pelaku kumpul kebo, homoseksual dan perkosaan sesama jenis untuk dapat dijerat dengan Pasal 292 KUHP dan dipenjara maksimal lima tahun.
(Antaranews.com)
Powered by Blogger.