Header Ads

Hujan Deras,Longsor Timpa Kecamatan Kandangserang Dan Paninggaran

KAJEN - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pekalongan pada sekira pukul 20.00 Wib,kamis kemarin (21/12), membuat longsor dan tanah gerak di dua kecamatan yaitu kecamatan Kandangserang dan Kecamatan Paninggaran,tidak ada korban jiwa dalam kejadin longsor tersebut,tetapi kerugian material yang diderita oleh warga cukup banyak.
Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Pekalongan,kerusakan rumah serta lahan pertanian sawah di Kecamatan Kandangserang dan Paninggaran adalah sebagai berikut :

I. Kec Kandangserang (14 Rumah Rusak Sedang Hingga Berat)
*.Desa Gembong Dusun Karisan  (tanah longsor) terdapat lima rumah yang rusak berat yaitu milik  Sukri (38),Dul Holik (39),Sodik (44),Misno (42),Samud (34).
* Desa Gembong Dusun Karangnangka (tanah longsor) terdapat satu rumah rusak sedang yaitu milik Suyatno (65).
* Desa Gembong Dusun Sigong (tanah longsor) terdapat dua rumah rusak sedang milik Nardi (66) dan Daryo (66).
* Desa Bodas (tebing longsor tinggi 10 m lebar 25 m) menimpa tiga rumah hingga rusak berat milik Suprapto (60),Sukisno (50) dan milik Sahuri (55).

*.Desa Karanggondang (tanah longsor) mengakibatkan tiga rumah rusak sedang milik Darmo (51),Watif (42) dan Kasmani (51).

(Kerusakan ditaksir Rp.435.000.000,-)
*Desa Gembong dan Karangnangka terdapat lahan sawah 10 hektar longsor & Jalan tertimbun longsor 150 m.

II.Kec Paninggaran (2 Rumah Rusak Berat )
*Desa Paninggaran Dusun Sibrungkut , (tebing longsor tinggi 7 m lebar 15 m) menimpa rumah milik Suryo (52) hingga rusak berat,kerusakan ditaksir Rp 12.000.000,- .

*Desa Kaliboja,(tanah longsor) rumah terancam roboh milik Dasrun (56).

Adapun BPBD Kabupaten Pekalongan membersihkan longsoran dibantu oleh Plt Camat,Danramil,Kapolsek Kandangserang & Paninggaran,Kepala Desa,Relawan Satgas BPBD,Dinsos,Tagana,PMI,Relawan Kemanusiaan,OPD terkait untuk cek lokasi,Assesment, serta menggerakan masyarakat untuk kerjabakti bersama.BPBD Kabupaten Pekalongan juga menyerahkan beberapa bantuan losgistik,meskipun lokasi bencana sulit dijangkau namun tim tetap semangat untuk membantu sesama.
Powered by Blogger.