Header Ads

Bom Bunuh Diri di Nigeria, 13 Orang Tewas

Hasil gambar untuk gambar bom bunuh diri nigeria Bauchi - Sebuah bom bunuh diri meledak di sebuah pasar di kota Biu, negara bagian Borno, Nigeria dan menewaskan setidaknya 13 orang. Beberapa pejabat menduga pelaku merupakan kelompok pemberontakan Boko Haram.

Dilansir Reuters, Sabtu (2/12/2017), seorang pemimpin masyarakat, Aliyu Idrisa, mengatakan ledakan terjadi saat petugas membagikan makanan kepada orang-orang yang terdampak konflik dengan Boko Haram. Konflik ini terjadi sudah selama delapan tahun.

Juru bicara kepolisian untuk negara bagian Borno mengatakan peristiwa ini juga mengakibatkan 53 orang terluka. Dua pembom juga ikut tewas.

Kelompok Boko Haram kerap melakukan serangan bom bunuh diri untuk menyerang ruang publik yang ramai.

Pekan lalu, sebuah serangan bom bunuh diri juga terjadi di sebuah masjid di kota Mubi yang berada di sebelah timur laut. Peristiwa ini menewaskan sedikitnya 50 orang. Ini merupakan salah satu serangan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara, dilansir AFP, pihak kepolisian menyebut bom bunuh diri itu dilakukan oleh dua orang wanita. Mereka meledakkan diri di dua lokasi yang berbeda.

"Dua pembom bunuh diri wanita menyusup dan masuk Biu," kata seorang juru bicara polisi setempat.

"Salah satu pembom meledakkan sebuah IED (alat peledak improvisasi) yang terikat di tubuhnya di dalam pasar utama Biu, sementara yang lainnya meledak di luar lapangan pasar," kata juru bicara tersebut.

Kelompok Boko Haram yang dipimpin oleh Abubakar Shekau, sebelumnya telah menggunakan wanita dan pembom bunuh diri remaja untuk melakukan serangan di daerah tersebut.

"Ledakan kuat tersebut terdengar di seluruh kota," kata Residen Biu Ahmad Babagana, yang kehilangan seorang teman dalam serangan tersebut, kepada AFP.
(sumber Detik.com)
Powered by Blogger.