Header Ads

Cegah Peredaran Narkoba,Siswa Sekolah Disidak

KAJEN – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si dan Ketua Pencegahan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Pekalongan Ir. Arini Harimurti beserta 50 personil P4GN,melakukan aksi sidak di sekolah, untuk melakukan antisipasi sekolah menjadi sasaran para pengedar narkoba.Senin (27/11).
Kegiatan sidak pertama kali dimulai Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si dengan melakukan pembinaan P4GN di SMA Negeri 1 Kedungwuni dan menjadi instruktur upacara secara langsung. Dan kegiatan dilanjutkan bersama tim di SMP Negeri 1 Buaran.
Di sekolah tersebut, tim P4GN melakukan tes urin terhadap 40 siswa di SMP Negeri 1 Buaran, melalui sistem random sampling. Hasil tes langsung diumumkan pada saat kegiatan tersebut, yakni tidak ada siswa positif narkoba.
Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si disela-sela pengecekan hasil urin siswa mengatakan bahwa, dari hasil sampling terbukti bebas narkoba. 
"Ini cukup representatif memotret kondisi siswa di sini, kemudian nanti se Kabupaten Pekalongan," kata bupati.
Sejauh ini menurut Bupati Asip, kalangan siswa masih aman dan bebas narkoba, nanti akan dilakukan lebih representatif untuk memotret kondisi siswa di Kota Santri, dari semua tingkat sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA.
"Tadi di SMA Negeri 1 Kedungwuni, sekarang di SMP Negeri 1 Buaran, dan dari SMA tadi tidak ada gejala narkoba di kalangan siswa, seperti kurang tidur, pembicaraan tidak fokus, takut sama guru atau melawan guru. Gejala umum ini tidak terjadi," tandas Bupati.
Kendati demikian Bupati menyatakan akan mewaspadai daerah-daerah rawan, dan apabila terbukti ada temuan, maka akan dilakukan koordinasi dengan BBN. 
"Ya seperti sekarang daerah rawan diwaspadai, tapi hasilnya masih aman," ungkapnya.
Karena itu, pihaknya berharap kondisi yang sudah baik dipertahankan, sosialisasi tidak terhenti dari semua pihak, seperti pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua kalangan berupaya maksimal agar Kota Santri bebas narkoba.
Usai melakukan pemeriksaan urin, Bupati bersama tim P4GN juga melakukan pemeriksaan terhadap tas seluruh siswa di SMP tersebut, dan tidak ditemukan barang-barang menjurus dengan narkoba, serta barang tidak pantas dibawa siswa.
Tak hanya Bupati, Ketua P4GN yang juga Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti, juga ikut melakukan pengecekan di SMP Negeri 1 Buaran, dan mendapati laporan hasil kegiatan, yang menyatakan semuanya berlangsung baik dan bebas narkoba.
"SMP Negeri 1 Buaran tidak terbukti, saya terima kasih kepada kepala sekolah, guru BP dan semua guru. Saya juga minta agar siswanya selalu dibimbing untuk menjadi generasi bebas narkoba. Dan semua sekolah diharapkan juga memberikan bimbingan dan pengawasan untuk mewujudkan Kabupaten Pekalongan bebas narkoba," ungkap Arini.
Powered by Blogger.