Header Ads

Ada 22 Desa Sekitar Gunung Agung Berpotensi Terdampak Bencana

Ada 22 Desa Sekitar Gunung Agung Berpotensi Terdampak BencanaSeiring dengan meningkatnya aktivitas Gunung Agung, ribuan warga yang tinggal di sekitar gunung kembali mengungsi.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan ada 22 desa yang dikhwatirkan akan terdampak.

Dalam pemaparannya di kantor BNPB, Jakarta Timur, Senin (27/11/2017) ia menyebut desa desa tersebutadalah desa Ababi, Pipid, Nawakerti, Datah, Bebandem, Jungutan, Buana Giri, Tulamben, Dukuh, Kubu, Baturinggit, Ban, Sukadana, Menanga, Besakih, Pempatan, Selat, Peringsari, Muncan, Duda Utara, Amertha Bhuana dan Sebudi. Di 22 desa itu, ada 90 ribu - 100 ribu orang.

Dengan meningkatnya aktivitas gunung tertinggi di Pulau Bali itu, wilayah yang harus disterilkan dari masyarakat adalah radius 8 kilometer dari puncak gunung. Kecuali di arah Utara, Timur Laut, Tenggara, Selatan dan Barat Daya, wilayah sterilnya mencapai 12 kilometer.

Sampai saat ini, BNPB dengan sejumlah lembaga lain, masih terus berupaya untuk mengingatkan masyarakat untuk mengungsi.

"Masih ada sebagian masyarakat yang belum mau mengungsi karena alasan masih aman, ternak, lahan pertanian, agama dan lain-lain," katanya.
(Tribunnews.com)
Powered by Blogger.