Header Ads

Gerakan Sadar Pemilu,KPU Gelar Jalan Sehat

KAJEN - Gerakan sadar pemilu di Kabupaten Pekalongan yang disemarakan dengan kegiatan gerak jalan sehat dan deklarasi bersama dilakukan di halaman parkir Pendapa Rumdin Bupati di Kota Kajen, Minggu (29/10) pagi. 
Hal tersebut berkaitan dengantingkat partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur (pilgub) sebelumnya di Kabupaten Pekalongan masih cukup rendah, yakni di angka 47 persen, atau terendah kelima dari bawah se-Jawa Tengah. 

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat kian menyadari pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga tingkat partisipasinya pun kian meningkat.
Adapaun deklarasi dan penandatanganan gerakan ini diikuti oleh seluruh peserta jalan sehat yang diwakili oleh prapemilih, pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih marginal, pemilih disabilitas, dan perwakilan pemilih ormas keagamaan di Kota Santri. Usai deklarasi, dilanjutkan pelepasan burung merpati oleh perwakilan pemilih tersebut dan anggota KPUD Kabupaten Pekalongan.
Ketua KPUD Kabupaten Pekalongan, Mudasir, menyatakanbahwa gerakan yang dilakukan satu hari setelah Hari Sumpah Pemuda tersebut diharapkan agar semangat kepemudaan bisa dialihkan ke pemilu.
"Dengan gerakan ini, pemilu akan lebih dipahami, didengar, dan disadari oleh masyarakat. Apalagi, pada tahun 2018 di Jawa Tengah akan ada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, dan pada tahun 2019 akan ada pemilihan legislatif dan presiden."
Pihaknya berharap dengan kegiatan ini tingkat partisipasi masyarakat bisa meningkat," ujar Mudasir.
Powered by Blogger.