Header Ads

Bupati Optimis Batik Warna Alam Akan Berkibar Di Newyork Fashion Week

KAJEN Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, Msi menyampaikan bahwa dirinya sangat yakin bahwa pada saatnya nanti Batik Pekalongan pasti akan benar-benar Go Internasional. Hal ini bukan tanpa alasan, dari kunjungannya ke Amerika baru baru ini, diperoleh hasil pada sekitar bulan Februari 2018 nanti Bupati Pekalongan akan memperkenalkan batik Pekalongan di Negara Adikuasa tersebut. Menurutnya pada bulan tersebut akan diadakan acara Newyork Fashion Week, sebuah acara Fashion Show sebagai event internasional yang akan memperkenalkan batik warna alam. “Batik Pekalongan warna alam ini kan dimodifikasikan dengan kebaya dan akan difashion-showkan dalam Newyork Fashion Week,” ujar Bupati saat diwawancara beberapa wartawan. 
 
Ditambahkan Bupati, Kabupaten Pekalongan punya peluang untuk kontribusi dalam acara bertaraf internasional tersebut. Dengan menghadirkan konsep peragaan busana, Batik Pekalongan diharapkan bisa Go Internasional secara riil,  sehingga dapat memasarkan batik Pekalongan ke dunia luar. “Disana, batik itu digunakan sebagai aksesoris. Tapi dengan diadakannya fashionshow batik Pekalongan warna Alam, maka kita akan memperkenalkan batik sebagai fashion, “ujar Bupati. 
 
 Lebih lanjut Bupati menyampaikan hal ini adalah peluang besar  buat para pengusaha untuk membuka usaha di Washington. “Ada kerjasama dengan designer internasional dan juga model internasional.  Saya yakin pada saatnya nanti batik pekalongan akan benar-benar Go Internasional,” ujarnya penuh semangat. 
 
Untuk itu, Pemkab. Pekalongan telah dan sedang menyiapkan segala sesuatunya dengan matang baik dari motif maupun designnya. “Semua bahan baku harus disiapkan secara sistimable. Saat ini kita mendapat bibit dari Perhutani untuk menanam tanaman indigo yang selanjutnya akan dibuat pasta untuk dijadikan warna alam,” jelas Bupati. 
 
Untuk menyiapkan semua kebutuhan ini, Pemkab Pekalongan bekerjasama dengan FOE Amerika  yang sangat independen.
Powered by Blogger.