Header Ads

Pemkab Pekalongan Berikan Beasiswa Bagi 200 Mahasiswa


KAJEN - Sebanyak 200 Mahasiswa Kabupaten Pekalongan pada tahun 2017 ini  mendapatkan bea siswa dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Bantuan biaya pendidikan ini adalah tindaklanjut dari realisasi Kartu Kajen Cerdas yang digulirkan pada bulan Agustus Lalu. Pemberian bantuan ini telah melalui seleksi yang diikuti oleh 254 mahasiswa yang orang tua atau walinya dalam katagori kurang mampu.
 
Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam pembekalan kepada para mahasiswa dan wali orang tua ini penerima mahasiswa di aula Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa penyerahan bea siswa ini bertujuan untuk membantu meringankan biaya kebutuhan adik-adik mahasiswa yang kuliahi di Kabupaten Pekalongan maupun diluar kabupaten Pekalongan baik di Universitas Negeri dan swasta.(28/9).
 
“ Uang  akan diterima berjumlah 5 juta rupiah tiap mahasiswa namun jangan dipandang aspek nomitaif saja namun nilai keperdulian Pemkab dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Perguruan Tinggi. Ini bagian janji kami pada 12 mandat rakyat , dalam rangka menunjnag mewujudkan visi misi kami pada kampanye beberapa waktu lalu ”tandasnya.
 
Hal ini menilik dari Angka paritisipasi kasar melanjutkan perguruan tinggi di indonesia masih relatif rendah. Secara nasiona baru 30 %- 33 %  dari populasi yang berkesempatan kuliah. Sedangkan di Kabupaten Pekalongan baru mencapai kisaran 20 % dari populasi.
 
Selanjutnya Asip menyampaikan bahwa pada saat ini orang yang unggul, punya kompentensi , mampu bergerak cepat,  inovasi adalah yang bisa memerankan secara baik ditengah persiangan global. karena dulu bebera waktu lalu negara yang terbelakang mulai menggeliat bersaing ketat dengan Indonesia sepeti vietnam, korea dan negara Afrika. 
 
“ Artinya persaingan saat ini semakin berat karena baikan pada tataran persaingan lokal regional saja akan tetapi secara global,”terangnya.
 
Oleh karena itu meskipun kita kuliah di di dalam Negeri gunakan kesempatan itu semaksimal mungkin untuk mencapai meraih prestasi akademik. Memang dinamikanya macam - macam untuk menjadi mahasiswa yang prestasi , disamping keterkunan dan juga faktor biaya menunjang.
 
” Pemkab dan pemerintah pusat memberikan prioritas anggaran peningkatan kualitas perguruan tinggi maka gunakanlah dengan baik beasiswa  yang dikucurkan oleh pemerintah mupun lembaga nirlaba,”terangnya.
 
Pemeritah Kabupaten Pekalongan telah membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang perduli peningkatan pendidikan dengan perusahaan nirlaba. Dengan harapan dari kerjasama itu akan disalurkan bea siswa sehingga akan semakin banyak.”Intinya pemkab sangat berkeinginan agar kuantitas dan kualtiasn pendidikan di Kabupaten Pekalongan semakin meningkat  usahanya dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengucurkan bea siswa dan melakukan Mou dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia .
Powered by Blogger.