Header Ads

Bupati Serahkan Bantuan Alat Mesin Pertanian Dan SK CPNS Penyuluh Pertanian


KAJEN – Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. M.Si,  memberikan secara langsung bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Handtraktor (20 unit), Traktor Roda 4 (3 unit), serta pompa air (25 unit.,Polis Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP), serta SK CPNS penyuluh pertanian. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kantor UPT Pertanian Wiradesa,Rabu (27/9) lalu.
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kab. Pekalongan – Ir. Siswanto dalam laporannya mengungkapkan bahwa tujuan diberikannya bantuan Alsintan diantaranya sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) di Kab. Pekalongan yang saat ini baru 230% agar mencapai 300%, diharapkan dengan Alsintan maka petani mampu melakukan masa tanam sebanyak 3 kali setahun (IP 300%). “Kita harus bisa memanfaatkan lahan semaksimal mungkin dengan Alsintan, karena dengan Alsintan kita dapat memacu atau melakukan percepatan tanam begitu ada air,” terang Siswanto.
 
Ditambahkan Siswanto bahwa saat ini DKPP juga telah mendapatkan droping bantuan Alsintan dari Provinsi yaitu “Brigade Alsintan” berupa handsprayer (50 unit), transplanter (3 unit), dan pompa air (40 unit). Dijelaskan Siswanto bahwa semua Alsintan tersebut dapat dimanfaatkan atau dipinjam oleh petani secara gratis apabila sewaktu – waktu dibutuhkan, namun ditegaskannya agar dalam meminjam para petani harus bertanggungjawab untuk menjaga dan mengembalikannya kembali sehingga bisa dimanfaatkan oleh petani lain yang juga membutuhkan.
 
Sementara itu, Bupati Pekalongan dalam sambutannya mengungkapkan terimakasihnya kepada BULOG dan JASINDO yang selama ini telah bekerjasama dan membantu Pemkab. Pekalongan. Ditegaskan Asip bahwa program asuransi bagi peternak sapi maupun AUTP merupakan program yang bagus, namun masih perlu disosialisasikan lagi agar pemahaman masyarakat akan program ini menjadi semakin baik sehingga tingkat partisipasinya juga bagus.
 
Pada kesempatan tersebut Asip tak lupa berpesan kepada penerima bantuan Alsintan agar menggunakan dan memanfaatkan dengan baik Alsintan sehingga dapat memberikan manfaat lebih. “ Sebelum dan sesudah ada bantuan alat paling tidak biar ada bedanya,” ujar Asip.
 
Ditambahkan Asip bahwa Pemkab. Pekalongan selalu memberikan perhatian besar kepada bidang pertanian, itu sebabnya banyak program intervensi atau afirmatif yang digulirkan oleh pemerintah untuk membantu kemajuan bidang pertanian. Asip juga menginstruksikan kepada DKPP agar ikut memperbaiki tata niaga beras di Pekalongan sehingga lebih menguntungkan petani.
 
Terakhir, Asip mengucapkan selamat kepada para penyuluh yang hari ini menerima SK CPNS dan berpesan agar mensyukuri serta berkomitmen untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. “ semoga para penyuluh yang dulu galau, galaunya hilang, yang dulu nggendu, nggendu nya hilang,” ujar Asip.
Powered by Blogger.