Header Ads

Bupati Salurkan Berbagai Bantuan Dalam Sonjo Deso Botosari

KAJEN – Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si., melakukan kunjungan ke Desa atau Sonjo Deso ke Desa Botosari Kecamatan Paninggaran hingga menginap dirumah warga . Selasa (26/9) hingga Rabu (27/9).

Dalam kunjungannya itu Bupati menyerahkan banyak bantuan, antara lain kepada 10 warga tidak mampu masing-masing Rp 2juta. Selain itu juga memberikan santunan kematian dan akta kematian kepada 6 ahli waris, juga menyerahkan Kartu Kajen Cerdas bagi anak-anak SD sampai SMA, serta beasiswa bagi 5 Mahasiswa masing-masing Rp 5 juta.
 
Usai menyerahkan bantuan, Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadirannya bersama jajaran pejabat Pemkab Pekalongan di Desa Botosari disamping untuk mengetahui secara pasti kondisi masyarakat desa ini, yang paling penting tujuannya adalah untuk merekatkan tali persaudaraan dan tali silaturahmi. “Antara masyarakat dengan pemerintah sejatinya tidak bisa terpisahkan, yakni masyarakat harus memberikan kontribusi baik tenaga, pikiran, saran, masukan kepada pemerintah agar pemerintah berjalan dengan baik,” ujar Bupati.
 
Lebih lanjut, Bupati menuturkan bahwa pihaknya telah memiliki program Asuransi untuk kepemilikan sapi. Menurutnya, para peternak sapi hanya membayar premi sebesar Rp 40ribu, ketika sapinya hilang atau mati akan mendapatkan santunan sebesar Rp 10 juta. “Nanti yang akan melaksanakan program ini adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pekalongan. Jadi untuk 1 sapi, diasuransikan Rp 40ribu, yang Rp 160ribu dibayar oleh Pemerintah preminya,” terang Bupati.
 
Mengenai infrastruktur jalan Desa Botosari, Bupati menegaskan bahwa untuk urusan jalan Pemerintah Kabupaten Pekalongan tidak akan tinggal diam. “Pokoknya kalau saya sudah datang kesini, hal-hal yang menyangkut pembangunan desa termasuk jalan yang bebannya panjang dan apabila melintasi dua desa akan kita ambil alih, akan kita take over menjadi jalan kabupaten,” tegasnya.
 
Dalam kesempatan malam hari itu, dalam kunjungannya di Desa Botosari Kecamatan Paninggaran, Bupati beserta rombongan disuguhi hiburan wayang kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Bambang Udiyono dari Sragi. “Mari kita saksikan bersama wayang kulit ini dengan lakon Semar Mbangun Kahyangan. Mudah-mudahan lakon ini bisa menginspirasi kita semua untuk lebih tekun lagi di dalam membangun Desa Botosari. Tapi syaratnya seluruh warganya rukun, ora keno tukaran, kalau ada perbedaan mari kita selesaikan secara kekeluargaan,” ajak Bupati khususnya kepada warga Desa Botosari Kecamatan Paninggaran.
 
Pada kunjungan ke wilayah Paninggaran tersebut, Bupati didampingi Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, MM beserta para Asisten dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan Paguyuban Kepala Desa “Bahurekso”.
 
Selain melakukan kunjungan ke Desa, Bupati Pekalongan dan rombongan juga berkesempatan mengunjungi SMP 1 Paniggaran yang memang lokasinya tidak jauh dari Desa Botosari yaitu di Jalan Raya Paninggaran. Dalam kunjugannya ke SMP 1 Paninggaran ini, Bupati Asip Kholbihi juga memberikan bantuan Kartu Kajen Cerdas (KKC) secara simbolis 5 siswa sekolah tersebut.
 
Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Catur Elmiyati, jumlah siswa SMP 1 Paninggaran yang berhak mendapatkan bantuan KKC sebanyak 42 anak, dimana masing-masing siswa mendapatkan bantuan sebesar Rp 750ribu. 
 
“Untuk jumlah seluruh siswa se Kabupaten Pekalongan mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK yang telah mendapatkan Surat Keputusan Bupati Pekalongan sejumlah 7.581 anak. Dimana untuk tingkat SD/MI masing-masing siswa sebesar Rp 450ribu, SMP/MTs Rp 750ribu dan untuk tingkat SMA/MA/SMK sebesar Rp 1 juta,”  tutur Catur.
Powered by Blogger.