Header Ads

Bupati Pekalongan Resik-Resik Kali Meduri


KAJEN - Gerakan Bersih Jumat Pagi (BERJUMPA)di konsentrasikan di daerah Kecamatan Wonokerto dan Tirto karena prosentase kumuhnya bertambah. Dan pada Jum'at (22/9) resik-resik tersebut dimulai dari Kecamatan Tirto, setelah beberapa waktu yang lalu juga sudah membersihkan Sungai Pencongan.

"Dan hari ini kita berama Pasukan TNI Pangkalan Angkatan Laut (DANLANAL) Tegal dan Gentong Hebat (Gerakan Gotong Royong Hidup Bersih dan Sehat), serta semua komponen dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kita kerahkan semua untuk membersihkan Sungai Meduri yang kebetulan sebelah sisi timurnya adalah masuk wilayah Kota Pekalongan," ungkap Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si saat terjun langsung mengikuti kegiatan Resik-Resik Sungai Meduri di wilayah Kecamatan Tirto.

 Tampak hadir Wakil Bupati Ir. Arini Harimurti, Komandan Pangkalan Angkatan Laut (DANLANAL) Tegal, Lantamal V, Letkol Marinir SB. Manurung, dan Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, MM., beserta para Kepala OPD Pemkab Pekalongan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Dra. Munafah Asip Kholbihi, Camat serta Muspika Kecamatan Tirto dan para Kepala Desa se Kecamatan Tirto.

Bupati menyampaikan bahwa bagi kita kebersihan adalah harga mati. Karena, menurutnya, kebersihan adalah sebagian dari iman. Disamping membersihkan Sungai, kita juga mulai menanamkan edukasi kepada masyarakat sekitar sungai untuk tidak membuang sampah di sungai. “Kalau sungainya bersih dan tidak ada orang yang membuang sampah di sungai, maka mencerminkan bahwa pola hidup masyarakatnya sudah sehat,” ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan bahwa gerakan resik-resik Sungai Meduri pada hari itu adalah gerakan pertama. Dan akan dilakkan secara terus-menerus dan kontinyu oleh Dinas terkait yakni Perkim LH Kabupaten Pekalongan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekalongan, untuk bersama-sama membersihkan Sungai Meduri hingga benar-benar bersih.

“Untuk mempercepat pembersihan Sungai Meduri ini kita akan menurunkan alat berat agar dalam waktu cepat akan benar-benar bersih seperti Sungai Pencongan. Karena letak Sungai ini berada di wilayah Pantura, maka kita harus benar-benar ,” kata Bupati. 
Powered by Blogger.