Header Ads

Birokrasi Keuangan Asian Games 2018 akan Disederhanakan

Birokrasi Keuangan Asian Games 2018 akan DisederhanakanPrestasi olah raga tak sepenuhnya ditentukan di arena laga. Banyak faktor nonteknis ikut berperan, termasuk dukungan logistik bagi para atlet.

Rendahnya capaian medali yang diraih kontingen Indonesia pada ajang Sea Games 2017 Kuala Lumpur, Agustus lalu salah satunya disebabkan oleh rumitnya birokrasi keuangan untuk atlet dan ofisial. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) dan Kementerian Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Salah satu contohnya pengurus cabang olah raga (cabor) harus meminta persetujuan sampai ke kantor Sekretaris Negara (Setneg). Kerumitan prosedur keuangan itu yang membuat proses pembiayaan kontingen Indonesia di Sea Games di Kualalumpur terhambat.

Akibatnya uang saku atlet terlambat, pengadaan fasilitas latihan tersendat, dan berakibat konsentrasi atlet terganggu. Kemenko PMK telah melakukan inisiatif penyederhanaan prosedur untuk memastikan bahwa kerumitan yang sama tidak terulang dalam persiapan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.
(Detik.com)
Powered by Blogger.