Header Ads

3 Puskesmas Di Kabupaten Pekalongan Akan Diakreditasi

 
KAJEN – Pembekalan dan pemaparan awal terkait akreditasi bagi 3 Puskesmas di Kab. Pekalongan, yaitu Puskesmas Kesesi 1, Puskesmas Sragi 1, dan Puskesmas Buaran dilakukan di Hotel Horison Pekalongan, minggu malam lalu (17/9). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan, dr. Sutanto Setiabudi, para Kabid Dinkes, para Kepala Puskesmas yang akan di akreditasi serta Tim Asesor.
 
Mengawali sambutannya, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. M.Si mengungkapkan komitmennya kepada peningkatan pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu pendidikan, karena dua hal tersebut menurutnya merupakan hal yang tidak boleh ditawar tawar lagi karena merupakan kebutuhan dasar. Dimana menurutnya setiap pemimpin harus memegang mandat ini secara benar, tidak boleh setengah-setengah atau berleha-leha (santai), harus serius dan fokus tapi terukur dan jelas targetnya agar cita-cita memberikan pelayan terbaik bagi masyrakat dapat tercapai.
 
Dihadapan undangan, Asip menyampaikan berbagai pesan diantaranya pentingnya proses akreditasi karena  akreditasi dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada Puskesmas saja namun kepada masyarakat dan para pengambil kebijakan. Dijelaskan Asip bahwa akreditasi dapat dijadikan wahana pembinaan dan analisa bagi para pengambil kebijakan, sementara bagi Puskesmas, akreditasi bermanfaat sebagai tolok ukur dan penyemangat untuk bersaing dengan pelayanan kesehatan swasta yang saat ini tengah berkembang pesat. “ Saya berharap Puskesmas mempunyai keunggulan kompetitif sehingga Puskesmas menjadi pilihan atau rujukan masyarakat dalam berobat,” ujar Asip.
 
Asip juga berpesan agar Puskesmas mampu memberikan jaminan kenyamanan dan kualitas pelayanan kesehatan bagi mayarakat, dimana unit kerja Puskesmas haruslah kuat, pendokumentasiannya bagus, serta paramedisnya memiliki konsistensi dalam bekerja. Dengan dimilikinya hal-hal tersebut maka masyarakat akan mendapatkan jaminan kesehatan primer yang berkualitas dan Puskesmas mendapatkan trust atau kepercayaan dari masyarakat untuk mengatasi masalah kesehatannya.
 
Pada kesempatan tersebut, Asip menekankan agar Puskesmas yang akan melalui proses akreditasi dari Tim Asesor agar memberikan data – data yang sesungguhnya karena dengan mengetahui kondisi yang sesungguhnya maka kita akan bisa memperbaiki diri sehingga pada akhirnya kita dapat memberikan jaminan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “ Untuk menuju sesuatu yang ideal maka kita harus tahu kelemahan dan kekuatan kita, untuk kemudian menganalisisnya, dimana salah satu langkahnya adalah melalui proses akreditasi seperti yang saat ini akan kita lalui,” ungkap Asip.
Powered by Blogger.