Header Ads

Tren Urbanisasi Setelah Lebaran Dinilai Menurun

KAJEN - Biasanya masyarakat melakukan urbanisasi,dari desa ke kota-kota besar untuk mengadu nasib setelah lebaran namun ternyata tradisi tersebut semakin menurun,hal itu diungkapkan oleh Menteri Tenaga Kerja (Manker) Hanif Dhakiri dalam kunjungannya ke Pekalongan,menurutnya dikarenakan sekarang ini kawasan industri di daerah telah berkembang pesat,Minggu (9/7).

Hal tersebut, bukan karena kepadatan di Jakarta, ataupun semakin sulitnya persaingan lapangan kerja di daerah perkotaan lain, sebagai pusat sumber perekonomian nasional. Melainkan, lantaran beberapa tahun terakhir beberapa daerah melakukan pengembangan industris, potensi-potensi lokal dengan investor pada tataran dalam maupun luar negeri.

"Pasca lebaran tahun ini, jumlah urban ke ibu kota atau kota-kota besar lainnya, mengalami penurunan. Untuk presentasenya berapa saya kurang ingat, namun sejak beberapa daerah membuka kawasan industri dan berkembang, banyak masyarakat memilih mencari pekerjaan di daerah," kata Menaker.

Diungkapkan,Seperti Kabupaten Pekalongan sekarang sedang melakukan pembangunan kawasan industri di jalur Pantura, dengan tampungan tenaga kerja apabila sudah terselesaikan secara keseluruhan mencapai ribuan.

Kendati demikian Menaker tetap menyebut tradisi urban setelah lebaran sudah membudaya di masyarakat, karena saat mudik lebaran orang-orang sukses yang pulang kampung membawa sanak saudara, tetangga, untuk mengikuti jejak mengadu nasib di kota.

"Terutama ibu kota, menjadi salah satu sasaran urban masyarakat. tradisi ini masih berlangsung sampai sekarang. Namun memang secara jumlah menurun, tidak seperti beberapa tahun sebelumnya. Karena kesempatan bekerja di daerah cukup tinggi," tandas Hanif.

Dirinya mengalanjutkan bahwa urban bukan menjadi permasalahan, karena masyarakat butuh penghasilan lebih. Namun menurut mantan anggota DPR RI dengan dapil Pekalongan itu, calon tenaga kerja harus memiliki keterampilan baik saat menjajaki dunia kerja di kota, sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

"Hal tersebut juga berlaku bagi calon tenaga kerja yang memburu pekerjaan di kawasan-kawasan industri daerah. Ketika daerah sudah membuka kawasan industri namun SDM nya tidak memadai, maka lapangan kerja tersebut akhirnya direbut oleh orang-orang daerah lain, dan ini juga mengakibatkan urban terjadi," terang dia.
Powered by Blogger.