Header Ads

Pemkab Pekalongan Berikan Stimulan Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)

KAJENBupati Pekalongan Asip Kholbihi menyerahkan secara simbolis Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di balaidesa Tengeng Wetan  kecamatan Siwalan,Senin (31/07).

"Bantuan yang diberikan oleh Pemerintah hendaknya diperuntukkan dengan baik dan benar sesuai amanat perjanjiannya.Jangan sampai ketika diberikan bantuan oleh Pemerintah untuk memperbaiki rumah malah untuk membeli hp baru atau barang lainnya,” ungkap Bupati Asip.

Karena jika  bantuan tersebut dilaksanakan dengan baik,  akan mendatangkan kebarokahan penerimanya. Meskipun sedikit namun akan memiliki rasa berkecukupan  sehingga Alloh SWT akan menyusulkan rizki lainnya sehingga kita mampu mendirikan rumah yang layak dan bagus. Namun jika disalahgunakan malah dapat menutup pintu rizki kita sendiri.

“ Barokah itu meskipun sedikit akan cukup, namun jika tidak barokah membangun rumah 10 mliyar pun kurang untuk membuat rumah”ungkap Asip Kholbihi.

Oleh karena itu kepada peneriman bantuan ini untuk bersyukur kepada Alloh SWT karena telah melimpahan rizkinya sehingga bapak ibu sekalian mendapatkan bantuan dari Pemerintah,namun jangan lupa untuk berterima kasih kepada sesama manusia yang telah membantu seperti dengan pak lurah dll. 

“Paradigma tugas pemerintah sekarang adalah sebagai khodimul ummah,  yang bertugas melayani masyarakat sehingga sejahtera,”terang Bupati.

Dana Stimulan
Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Ir Trinanto menyampaikan bahwa bantuan yang berikan kali ini adalah stimulan untuk pembangunan rumah tidak layak huni.

”Dan kegiatan ini juga dalam rangka penyerahan secara simbolis bantuan RTLH oleh bupati sebagai tanda dimulainya kegiatan fisik RTLH tahun 2017,”tandasnya.

Pada kesempatan ini dilaporkan bahwa  pada tahun 2016 telah dilakukan rehab rumah tidak layak huni sebanyak  1061 unit rumah,  yang berasal dari dana APBD sebanyak 200 unit, dari dana APBN Kemeterian PUPR  sebanyak 230 unit dan dari Kementrian Sosial sebanyak 80 unit serta dari Dana Desa sebanyak 544unit.

“ Pada tahun 2017 direncanakan dilakukan perbaikan RTLH sebanyak  1.435 unit dengan total angggaran 16.190.000.000 dengan jumlah bantuan stimulan 10 juta dan 15 juta rupiah,”tandasnya.

Powered by Blogger.