Header Ads

Besarnya Gelombang Pasang,Tanggul Desa Jeruksari Jebol

KAJEN - Besarnya gelombang pasang air laut membuat tanggul sungai sepanjang 25 meter dengan ketinggian 1 meter di Desa Jeruksari, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, jebol. Akibatnya banjir merendam rumah warga.Rabu (19/07).
 
Diketahui,sedikitnya 900 rumah di desa Jeruksari terendam banjir dengan ketinggian 40 centimeter hingga 45 centimeter, walaupun air rob sudah menjadi langganan namun dengan jebolnya tanggul tersebut aktivitas perekonomian di desa tersebut pun semakin mengalami kelumpuhan.
 
Seorang warga Jeruksari , M Nurkholis menuturkan bahwa akibat tanggul jebol, banjir yang ada arusnya deras, sehingga membahayakan masyarakat sekitar.
 
"Desa Jeruksari sudah langganan banjir rob, dan kali ini cukup parah. Jalan yang biasanya tidak terendam banjir, kali ini terendam hingga ketinggian 15 centimeter. Jarang sekali di Desa Jeruksari jalan terendam banjir hingga 15 centimeter. Di kampung yang lebih rendah ya habis. Rumah-rumah terendam banjir hingga ketinggian 50 centimeter lebih," ungkapnya.
 
Selain itu,kibat banjir tersebut, kondisi desa sempat lumpuh, sebab kendaraan tidak bisa melintasi dan masyarakat pun sulit berjalan di genangan banjir yang arusnya deras. 
 
"Siang ini sudah mulai surut airnya. Ketinggian sekarang sekitar 30 centimeter. Untuk rob sendiri memang ketinggiannya fluktuatif dalam sehari. Puncak tertinggi banjir biasanya sejak pukul 16.00 WIB hingga 04.00 WIB dinihari," terang dia.
 
Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan dari Fraksi PDIP ini menyatakan, kondisi banjir paling parah di Dukuh Kranding, yang merupakan pedukuhan tempat tinggalnya. Dikatakan, masyarakat hanya ingin bencana rob segera berakhir.
 
Sementara itu,Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sujatmiko, menyatakan, tanggul sungai di Desa Jeruksari jebol akibat dihantam air pasang yang tinggi, saat hujan deras disertai angin kencang mengguyur wilayah itu. Tanggul yang jebol sepanjang 25 meter dengan tinggi 1 meter berada di RT 3 RW 5 Dukuh Kranding. Pihaknya mengatakan sudah cek lokasi dan memberi bantuan logistik.Dirinya juga berjanji akan segera memperbaiki tanggul tersebut.
Powered by Blogger.