Header Ads

Dilarang Gunakan Kantong Plastik Di Destinasi Wisata Petungkriyono


KAJEN – Pengendalian Penggunaan Kantong Plastik Menuju Zero Waste di Destinasi Ekowisata Petungkriyono resmi di Launching Oleh Bupati pekalongan H.Asip Kholbihi SH.M.Si., Selasa (6/6/2017) di Wanawisata Curug Lawe.
  
Program tersebut berdasarkan Peraturan Bupati Pekalongan Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengurangan Sampah Melalui Pengendalian Penggunaan Kantong Plastik dan Wadah/Kemasan Makanan dan Minuman di Destinasi Ekowisata Petungkriyono.
 
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Perda dan Perbup tentang Pengurangan Sampah Melalui Pengendalian Penggunaan Kantong Plastik dan Wadah/Kemasan Makanan dan Minuman di Destinasi Ekowisata Petungkriyono, sangat penting karena di negara-negara lain atau daerah-daerah lain persoalan pengelolaan sampah menjadi perhatian yang sangat luar biasa. Karena sampah plastik, menurut Bupati, adalah sampah yang tidak bisa diurai. Dan yang bisa kita lakukan adalah pengendalian dan daur ulangnya.
 
“Disamping dikarenakan pada tangggal 5 Juni sebagai hari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang mempunyai tema “Dengan berinteraksi dengan alam dan lingkungan akan menyadarkan bahwa manusia sangat bergantung dengan kelestarian alam dan lingkungan hidup”, maka tentu kita harus bisa melakukan kolaborasi antara regulasi dengan langkah nyata. Sehingga ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita semua,” ujar Bupati.
 
Dijelaskan Bupati, apabila hutan Petungkriyono dipenuhi dengan plastik, maka kerusakan lingkungan ini nampak di depan mata. “Saat ini momennya pas bulan puasa adalah langkah yang mulia. Mudah-mudahan langkah ini mempunyai tujuan jangka panjang, bukan saja untuk menyelematkan kita pada hari ini saja tetapi punya jangkauan dalam rangka pelestarian alam khususnya di Petungkriyono,” jelasnya.
 
Bupati meminta dukungan dari seluruh warga masyarakat khususnya warga Kecamatan Petungkriyono. Dan bagi para pengunjung ekowisata Petungkriyono, pihaknya berjanji akan melakukan sosialisasi bahwa pengendalian sampah plastik di ekowisata Petungkriyono menjadi salah satu keharusan.
Powered by Blogger.