Header Ads

Rakor Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

KAJEN – Rapat Koordnasi Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kecamatan se- Kab. Pekalongan Tahun 2017 dilaksanakan di Aula lantai 1 Gedung Sekretariat Daerah Kab. Peklaongan,Rabu hari ini (24/5).
 
Dihadapan lebih kurang 100 orang peserta, Wakil Bupati mengungkapkan bahwa bidang kesehatan dan pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak dan mendasar untuk dibangun agar bangsa Indonesia eksis dan berdaya saing di masa mendatang, dimana salah satunya dengan terus mengembangkan program UKS yang merupakan salah satu upaya untuk mencerdaskan dan menyehatkan anak didik.
 
 “ Melalui UKS kita akan membentuk karakter anak didik yang peduli dengan masalah-masalah kesehatan dan Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, “ jelas Arini.
 
Pada kesempatan tersebut Arini juga mengingatkan pentingnya UKS sebagai salah satu benteng untuk menangkal atau mencegah timbulnya masalah-masalah sosial seperti merokok, dan miras yang merupakan pintu masuk Narkoba, serta seks bebas dan pornografi.
 
 “ UKS penting untuk pembentukan karakter disamping Trias UKS, untuk itu penting sekali dilakukan pembinaan dan pengembangan UKS untuk masa depan anak-anak didik,” ujar Wabup.
 
Tak lupa Arini menghimbau kepada Tim Pembina UKS termasuk para Camat untuk membuat program kegiatan di sektor masing-masing untuk mendukung UKS yang kemudian akan dikoordinasikan dan disinergikan diantaranya melalui Rakor seperti hari ini. Arini juga mengajak para peserta Rakor untuk menyampaikan permasalahan atau kendala yang ada di lapangan untuk kemudian dirumuskan dan dipecahkan bersama serta ditindaklanjuti dengan aksi, karena aksi inilah yang penting sehingga UKS benar- benar eksis.
 
 “Mari kita kembangkan UKS dalam rangka meningkatkan kualitas hidup generasi yang akan datang sehingga masyarakat Kabupaten Pekalongan menjadi lebih sejahtera,” ungkap Arini menutup sambutannya.
 
Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kab. Peklaongan, Hj. Sumarwati, S.Pd, MAP dalam laporannya mengungkapkan bahwa, tujuan Rakor UKS adalah untuk memperoleh pemahaman manajemen pengelolaan UKS dalam rangka pembinaan dan pengembangan UKS, menyusun program kegiatan Tim Pembina UKS kecamatan, serta menyusun strateg pelaksanaan program UKS (Trias UKS)
 
Rakor menghadirkan tiga narasumber yaitu dari Dindikbud Kab. Pekalongan dengan materi Kebijakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka pembinaan UKS di sekolah, Kantor Kementerian Agama Kab. Pekalongan dengan materi Kebijakan Kantor Kemenag dalam rangka Pembinaan UKS di madrasah, serta Dinas Kesehatan Kab. Pekalongan dengan tema Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.
Powered by Blogger.