Header Ads

KPU Kabupaten Pekalongan Resmi Launching Rumah Pintar Pemilu


KAJEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan, Jumat (26/5) resmi memiliki Rumah Pintar Pemilu yang diberi nama Rumah Pintar Pojok Pemilu. Peresmian dilakukan oleh Anggota KPU Jawa Tengah, Ikhwanuddin, S.Ag. Dan dihadiri oleh Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH. M.Si, Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH, perwakilan Muspida, KPU wilayah lain seperti Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten/Kota Tegal dan Kabupaten Brebes, beberapa Kepala OPD Kabupaten Pekalongan serta para Kepala Sekolah SMA/SMK di Kabupaten Pekalongan.
 
Dalam sambutannya, Bupati Pekalongan, H. Asip Kholbihi, S.H. M.Si  menyambut baik pendirian Rumah Pintar Pojok Pemilu sebagai sarana dan prasarana untuk menjembatani keperluan masyarakat dalam mempelajari sistem pemilu, sehingga masyarakat mengetahui bagaimana proses Pemilu digarap dari hulu hingga hilir, kemudian beliau juga menghimbau kepada partai politik, pelajar maupun masyarakat umum untuk mengunjungi Rumah Pintar Pojok Pemilu.
 
“Saya berharap Rumah Pintar Pemilu (RPP) menjadi pusat informasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui khususnya bagi mereka yang ingin mencalonkan diri untuk menjadi seorang legislator (DPRD),” ujarnya.
 
Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Mudasir, SH, MM  berharap Rumah Pintar Pojok Pemilu Kabupaten Pekalongan ini akan menjadi destinasi wisata Pemilu yang akan memberikan edukasi pemilih pemilu bagi masyarakat.
 
“Dinamakan Pojok Pemilu karena berada di tempat yang kecil yang dulunya berfungsi sebagai Ruang Sidang Utama,” katanya. 
 
Dijelaskan, hal menarik dari Rumah Pintar Pojok Pemilu adalah dekorasi atau tema seluruh ruangan menggunakan sarung motif palekat yang merupakan produk khas Kabupaten Pekalongan yang sangat terkenal. 
 
“Sesuai dengan pedoman dalam pendirian Rumah Pintar Pemilu yaitu harus mempunyai setidaknya 4 ruangan (Ruang Display, Ruang Simulasi TPS, Ruang Audio Visual dan Ruang Diskusi) karena keterbatasan ruangan maka beberapa fungsi ruangan dijadikan satu dalam satu ruangan namun tetap fungsional dan efisien,” imbuh Mudasir.
 
Sedangkan Anggota KPU Jawa Tengah, Ikhwanuddin, S.Ag, dalam sambutan mengutarakan bahwa Rumah Pintar Pemilu merupakan bagian dari visi misi KPU sebagai bentuk transparansi penyelenggaraan pemilu yang merupakan program utama KPU. 
 
Ke depan, kata Ikhwanuddin, tugas yang lebih penting yaitu bagaimana agar RPP tidak hanya sebagai sarana informasi Pemilu, namun juga harus mampu meningkatkan pendidikan bagi pemilih, dengan memperhatikan 3 Indikator melek pemilu yaitu pemahaman seberapa jauh masyarakat memahami tentang kepemiluan, bagaimana sikap masyarakat terhadap menghadapi pemilu dan aspek motorik pemilu yaitu bagaimana sikap masyarakat setelah mempunyai pengetahuan tersebut.
Powered by Blogger.