Header Ads

Pramuka Dapat Membentuk Karakter Yang Lebih Matang

KAJEN - Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar sekolah dan luar keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik menyenangkan, sehat, teratur terarah dan dilakukan di alam terbuka dengan mengunakan prinsip dasar Kepramukaan dan metode kepramukaan dalam upaya untuk pembentukan watak.

"Kegiatan lomba ketrampilan Pramuka ini bertujuan sebagai pembinaan generasi muda ,menumbuhkan kreatifitas dengan berbagai macam kegiatan yang disajikan , pengenalan budaya , pengembangan bakat, melalui kegiatan di alam terbuka yang jauh dari lingkungan keluarga" ungkap Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada acara kegiatan lomba tingkat II kwartir cabang dlgerakan Pramuka kabupaten Pekalongan Tahun 2017 di lapangan Kulu Kecamatan Karanganyar.baru baru ini(18/3)

Menurut Bupati , Kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan. Yang disesuaikan dengan titik berat pembinaan dan perkembangan jiwa peserta didik di masing-masing golongan

Usia Pramuka Penggalang adalah masa pemuda yang penuh emosi belum stabil mudah berubah masa sehingga kegiatan kompetisi ini dapat menumbuhkan karakter yang lebih matang.

"Dengan kegiatan ini diharapkan adik Pramuka penggalang dapat menjadi pelopor dan pendorong pembangunan masyarakat di sekitar nya dan memberikan andil serta berperan aktif dalam membangun Kabupaten Pekalongan melalui wadah gerakan Pramuka"terangnya.

Sementara itu ketua penyelenggara H Sumairi menjelaskan bahwa kegiatan kali ini diikuti oleh 65 regu dengan rincian 29 regu putra dan 36 regu putri. Merupakan utusan dari masing masing kwartir ranting SE Kabupaten Pekalongan dari Pangkalan SMP dan Mts Negeri dan Swasta 

Adapun tujuannya adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa janji trisatya dan dada dharma pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Penggalang.

" Diharapkan mereka nantinya akan meningkatkan kemampuan mental , fisik dan pengetahuan serta semangat untuk berjuang tanpa pantang putus asa."
Powered by Blogger.