Header Ads

Pembina Diharap Punya Kreativitas Karena Permainan Sangat Penting Bagi Pramuka Siaga

KAJEN  –  Anak-anak usia 7 tahun hingga 10 tahun didalam gerakan Pramuka biasa kita kenal dengan sebutan Pramuka Siaga. Anak-anak usia tersebut biasanya memiliki sifat suka berimajinasi, meniru, bermain, dan mendengarkan cerita. Oleh karena itu didalam pembinaan usia Pramuka Siaga, seorang pembina pramuka harus dapat memberikan contoh dan tauladan yang baik, karena seorang pembina pramuka siaga merupakan tumpuan bagi anak-anak. Sehingga terkait dengan kegiatan kita harus memperhatikan dengan seksama agar anak-anak Pramuka Siaga tidak meniru perilaku yang kurang baik.
 
Demikian disampaikan Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH.M.Si selaku Ketua Mabicab Pramuka Cabang Kabupaten Pekalongan pada Upacara Pembukaan Pesta Siaga Cabang Kwarcab Kabupaten Pekalongan Tahun 2017, Minggu (5/3/2017) pagi di halaman Kantor Kecamatan Doro. Kegiatan dihadiri antara lain Wakil Bupati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, MH., Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Heri Bambang Wahyudi, perwakilan Kapolres Pekalongan, Sekda Dra. Mukaromah Syakoer, Ketua Kwarcab Pramuka yang sekaligus Kepala Bappeda dan Litbang – Ir. Bambang Irianto, M.Si, para Kepala OPD serta Camat se Kabupaten Pekalongan.
 
Bupati Asip Kholbihi menjelaskan bahwa kegiatan yang disajikan untuk Pramuka Siaga adalah dalam bentuk permainan-permainan yang mengandung unsur pendidikan atau edukasi dan dilakukan di alam terbuka. “Permainan bagi Pramuka Siaga adalah penting. Oleh karena itu para pembina pramuka saya harap memiliki kreativitas dalam melakukan permainan. Dan jika memungkinkan ciptakan permainan-permainan yang edukatif disesuaikan dengan kondisi saat ini. Silahkan pergunakan ketrampilan anak-anak dengan menggunakan teknologi informasi seperti gadget karena banyak aplikasi didalamnya termasuk banyaknya permainan yang edukatif, disamping kita tetap mempertahankan permainan-permainan tradisional,” harap Bupati kepada para pembina pramuka.
 
  Lebih lanjut Bupati menyampaikan pihaknya percaya bahwa para pembina pramuka siaga telah mengaplikasikan sifat-sifat dan perilaku anak-anak pramuka siaga itu pada penyelenggaraan pembinaan dan perindukan siaga di Gugus Depan (Gudep) dengan suasana yang penuh kasih sayang, kekeluargaan dan kegembiraan.
 
 “Saya menyambut gembira atas terselenggaranya  kegiatan Pesta Siaga Cabang Kabupaten Pekalongan Tahun 2017, seiring dengan tujuan pramuka yaitu mendidik dan membina kaum muda Indonesia untuk menjadi insan yang berwatak, berkepribadian dan berbudi pekerti luhur serta memiliki ketrampilan hidup yang baik, menyiapkan kader-kader yang memiliki wawasan kebangsaan yang luas, memiliki semangat dan jiwa bela negara serta tanggap dengan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dan negaranya,” terangnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Bupati mengajak kepada semua pihak untuk berupaya memperhatikan anak-anak dengan menanamkan rasa kedisplinan, menumbuhkan rasa tanggungjawab, rasa kesetiakawanan sosial baik di kehidupan keluarga, sekolah maupun di kehidupan masyarakat sejak usia dini dalam rangka mengantisipasi kenakalan remaja dan mendidik anak-anak untuk berakhlakul kharimah, berbakti kepada orang tua, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
 
Sementara itu, Yoso, S.Pd selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Pesta Siaga antara lain agar terpadu pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan daripada generasi sebelumnya/ Disamping juga untuk melatih ketahanan mental, jasmani dan rohani.
 
Menurut Yoso, peserta Pesta Siaga berasal dari tiap Kwarran yang mengirimkan empat barung yang terdiri dari sepuluh anggota pramuka siaga, dengan didampingi oleh seorang pembina siaga, dan tiap kontingen Kwarran dipimpin oleh seorang pimpinan kontingen. 
 
“Untuk materi pesta siaga tahun 2017 ini yaitu terdiri dari 13 taman dengan mengacu pada materi Pesta Siaga Binwil Pekalongan Tahun 2017,” ujarnya.
 
Masih menurut Yoso, dalam kegiatan Pesta Siaga, panitia penyelenggara yang terdiri dari Andalan Cabang Kabupaten Pekalongan dan Andalan Ranting Kecamatan Doro. 
 
“Panitia penyelenggara telah menyiapkan berbagai penghargaan bagi peserta pesta siaga. Antara lain piagam penghargaan, tropi bagi Barung Tergiat I hingga Harapan III putra maupun putri, tropi bergilir bagi Kwarran Tergiat Umum. Dan Barung Tergiat I, II dan III pura dan putri berhak maju ke Pesta Siaga Binwil Pekalongan yang akan diselenggarakan oleh Korwil Pekalongan di Kwarcab Kota Tegal pada tanggal 25 Maret 2017 mendatang,” terang Yoso.
 
Kegiatan dengan thema “Gembira, Berlatih, dan Bersaudara” tersebut dilaksanakan satu hari penuh di lingkungan kantor Kecamatann Doro, SMP Negeri I Doro, SDN 01 Doro dan SDN 03 Doro.
Powered by Blogger.