Header Ads

Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Dibuka Bupati


KAJEN –  Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH., M.Si resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Kabupaten Pekalongan Tahun 2017. Pembukaan even tahunan ini dipusatkan di Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni, Rabu (29/3) dengan dimeriahkan grup drum band dan kontingen atlit pelajar dari 19 Kecamatan se Kabupaten Pekalongan.


Kegiatan pembukaan POPDA dihadiri oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim 0710 Pekalongan, perwakilan Kapolres dan perwakilan Kajari, Sekda beserta beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pekalongan.


Even yang diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP hingga SMA ini berlangsung mulai 23 Maret hingga 2 April 2017. Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu sebanyak 14 cabang olahraga. Nantinya, even perlombaan dipusatkan di Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni dan tempat lain yang sudah ditentukan oleh panitia.


Bupati Pekalongan Asip Kholbihi berharap Pekan Olah Raga Pelajar di Kabupaten Pekalongan tidak sekadar agenda tahunan melainkan menjadi momentum mencari bibit unggul dibidang olahraga. “Pekan Olahraga Pelajar menjadi awal penjaringan bibit-bibit potensial, atlit pelajar berbakat yang dapat dibina untuk mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional dan internasional,” kata Asip.

Menurutnya, paradigma keolahragaan harus dibangun bagaimana atlit-atlit pelajar mampu berprestasi di tingkat daerah dan nasional. Sehingga, satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan bisa mampu memantau, menggali, memandu dan membina potensi pelajar. “Pelajar yang membawa harum Kabupaten Pekalongan melalui prestasi di bidang olahraga harus diapresiasi dengan memberikan penghargaan berupa pemberian beasiswa, keringanan biaya pendidikan, dispensasi maupun pemberian nilai akademik yang wajar,” jelas Asip.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Pekalongan Ir. M. Bambang Irianto, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan digelarnya kegiatan POPDA adalah sebagai wadah berkompetisi bagi atlit-atlit pelajar Kabupaten Pekalongan, untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi atlit pelajar Kabupaten Pekalongan. “Selain itu tujuan POPDA ini adalah untuk meniingkatkan gairah dan motivasi atlit untuk berlatih dan berprestasi di even olahraga yang lehih tinggi. Dan yang lebih penting lagi degan digelarnya POPDA ini akan terpelihara dan meningkatnya persatuan dan kesatuan atlit dan pelatih di Kabupaten Pekalongan,” ujar Bambang.

Pada even POPDA tahun 2017 ini dipertandingkan 14 cabang olahraga yaitu atletik, bulu tangkis, tenis meja, catur, bola volly, sepak takraw, sepak bola, bola basket, pencak silat, karate, taekwondo, tenis lapangan, senam, dan renang.
Powered by Blogger.