Header Ads

Pemkab Pekalongan Tandatangani MoU "Pemanfaatan Aset"


KAJEN – Untuk meningkatkan nilai aset dan mengoptimalkan pemanfaatan barang milik daerah Kabupaten Pekalongan berdasarkan azas pengelolaan barang milik daerah dan prinsip tata kelola perusahaan yang baik,  Pemkab. Pekalongan dengan PT. Perusahaan Pengelolaan Aset (Persero) Jakarta, Kamis pagi tadi (23/2) sepakat untuk melakukan kesepahaman bersama tentang konsultasi bisnis pengelolaan barang milik daerah Kabupaten Pekalongan. 
 
Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi, SH, MH sebagai pemegang kekuasaan pengeloaan barang milik daerah kabupaten Pekalongan dan Henry Sihotang selaku direktur business advisory dan aset management PT. PPA dalam rangka pemberian jasa konsultasi bisnis pengeloaan barang milik daerah, pengembangan dan pendayagunaan aset milik Pemkab guna optimalisasi pemanfaatan sumberdaya yang ada. 
 
Adapun ruang lingkup dalam nota kesepahaman dengan jangka waktu 12 bulan ini adalah melakukan kajian terbatas guna pertimbangan lebih lanjut dari pihak Pemkab. Pekalongan dalam pengelolaan atau pemanfaatan dan investasi bisnis pengelolaan barang milik daerah Kab. Pekalongan yang tidak mengikat selama belum ada Perjanjian Kerjasama antara kedua pihak dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan. 
 
Bupati Pekalongan dalam sambutannya mengatakan, dari hasil pertemuan dengan jajaran kementrian keuangan, Pemkab. Pekalongan kedepan diharapkan dapat melakukan improvisasi dalam rangka memperoleh pendapatan secara maksimal dengan menggali dan memanfaatkan aset yang dimiliki sekaligus diberi peluang regulasi dan apa yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal. 
 
“Puluhan aset kita masih berada di Kota Pekalongan, dan aset-aset inilah yang kiranya perlu kita dayagunakan,” ujarnya. 
 
Ditambahkannya bahwa Pemerintah memberikan fasilitasi pada Pemda untuk melakukan kerjasama dengan swasta dan BUMN untuk melakukan intensifikasi dan diversifikasi, kebetulan di Pekalongan ini ada hal yang menurutnya kalau dikelola dengan profesional akan bisa dikelola menjadi tambahan income Pemkab. Pekalongan. 
 
“Ditengah-tengah upaya kita untuk melakukan intensivikasi pajak daerah dan diversifikasi, banyak hal yang harus kita lakukan bersama-sama. Saya berharap Mou ini nantinya bisa ditingkatkan pada Perjanjian Kerjasama,” tambahnya.
 
Sementara itu Direktur PT. PPA Henry Sihotang mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya akan melihat tingkat intensitas yang ada dan juga kan melakukan perubahan tim dari pihaknya jika diperlukan. Dijelaskannya, kabupaten Pekalongan sebagai pemilik aset dan pengelola aset milik daerah diharapkan nantinya bisa bersinergi untuk melaksanakan kerjasama yang tentunya diawali dari advertary bisnis.
 
 “Kita bisa melihat potensi-potensi apa yang bisa kita kembangkan kedepan. Saya berharap nantinya paling tidak aset-aset itu setelah didiskusikan lebih intensif mana yang bisa dalam pemberian advice untuk optimalisasi atau mungkin juga bisa untuk pengembangan bersama-sama dengan PPA atau bersama-sama melakukan investasi untuk mengembangkan potensi potensi yang bisa dilakukan bersama-sama dengan menggali potensi bisnis di Kab. Pekalongan,” ujarnya. 
 
Ditambahkannya, setelah penandatangan ini, tim dari PT. PPA dan Tim Pemda akan lebih intensif untuk menggali informasi potensi-potensi yang bisa dikerjasamakan. 
 
“Tentunya kami berharap bahwa nota kesepahaman ini tidak berhenti disini, tetapi akan segera berlanjut dengan perjanjian kerjasama secara bertahap untuk mendapatkan dan mencapai hasil yang diharapkan demi manfaat untuk Pemkab. Pekalongan,” tambah Hendri.
Powered by Blogger.