Header Ads

Karangtaruna Dan KKN UNIKAL Lakukan Pelestarian Lingkungan




KAJEN – Ribuan benih ikan ditabur di sungai dukuh Babadan Desa Jrebengkembang Kecamatan Karangdadap Kab. Pekalongan pada Jumat (3/2) pagi tadi oleh Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti dan puluhan anak sekolah. Penanaman benih ikan yang prakarsai oleh mahasiswa KKN Universitas Pekalongan Tahun 2017 dan Karangtaruna “Pendawa Lima” serta masyarakat desa setempat tersebut adalah salah satu upaya dalam pelestarian lingkungan hidup untuk mengembalikan kekayaan alam hayati yang saat ini hampir punah dan rusak. 

Upaya lain yang dilakukan adalah pelepasan burung dan penanaman pohon sebagai penyejuk suasana desa dan juga sebagai paru paru desa Jrebengkembang dengan harapan masyarakat dapat mengambil manfaat dengan turut menjaga apa yang sudah diberikan oleh Tim KKN sehingga bisa berdampak luar biasa untuk kehidupan karena pohon dan ikan adalah juga merupakan salah satu aset dari suatu desa atau daerah yang patut dijaga kelesatriannya. 

Wakil Bupati Pekalongan dalam sambutannya saat menghadiri acara tersebut mengingatkan bahwa kehidupan kita tidak lepas dari lingkungan. Oleh karena itu beliau memandang perlu menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem. 

“Trimakasih pada penggagas kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa masyarakat sadar dan mempunyai kepedulian terhadap lingkungan. Ini sangat membanggakan,” ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati menyampaikan apresiasi pada para penggagas yang telah membawa virus kebaikan sehingga masyarakat desa Jrebengkembang menjadi peduli pada lingkungannya di jaman yang individualisme seperti saat ini, saat orang tidak peduli pada lingkungan sekitarnya.

 “Mudah-mudahan virus kebaikan ini bisa menyebar ke seluruh pelosok desa. Ini adalah inspirasi bagi masyarakat yang belum peduli pada lingkungan,” ujarnya. 

Ditambahkan Arini, kegiatan ini adalah investasi jangka panjang yang manfaatnya tidak bisa langsung dirasakan dan bukan untuk individu tapi untuk seluruh masyarakat dan juga negara kita. Beliau mengharapkan kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tetapi dapat dilanjutkan dan dirawat hingga nanti. 

“Mari kita gerakkan lagi pelestarian lingkungan semacam ini. Ayo kita gerakkan masyarakat untuk menjaga lingkungan!,” ajak Wabup.  

Sementara itu Kepala Desa Jrebengkembang Suroto menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat sehingga masyarakat menjadi sadar betapa pentingnya menjaga desa agar tetap bersih dan lestari. 

“Mudah-mudahan desa ini menjadi lebih baik dan untuk itu kami juga mengharapkan uluran tangan dan perhatian dari Pemkab. Pekalongan,” ujarnya.
Powered by Blogger.