Header Ads

Hujan Deras,Tebing Di Lebakbarang Longsor Dan Menutup Akses Jalan

KAJEN Akibat diguyur hujan lebat, tebing setinggi 70 meter dengan lebar 50 meter di Blok Sitekuk di ruas Jalan Lebakbarang - Kutorembet, longsor,Senin (6/2) kemarin. 

Akibatnya, akses jalan menuju ke Desa Kutorembet tertutup material longsor. Untuk membuka akses jalan tersebut, puluhan warga desa setempat dibantu aparat TNI, Polri, dan Muspika Lebakbarang melakukan kerja bhakti membersihkan material longsor, kemarin pagi.

Diharapkan, akses jalan ini kembali normal pada sore harinya.Akibat akses jalan yang tertutup, aktivitas warga setempat sempat terganggu. Anak-anak sekolah dan pedagang terpaksa berjalan kaki menyusuri material tanah tebing yang longsor tersebut. Sebab,kendaraan roda empat dan sepeda motor kemarin pagi tidak bisa melewati
jalan utama menuju ke pusat ibukota kecamatan tersebut.

salah seorang warga Adi (30), warga Desa Lebakbarang, menuturkan, tebing setinggi 70 meter di Blok Sitekuk itu longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah pegunungan tersebut dalam beberapa hari terakhir ini. 

 "Warga bersama Muspika, Perhutani, Polsek,dan Koramil saat ini tengah bekerja bhakti membersihkan material
longsor yang menutup badan jalan. Insya Allah nanti sore sudah bisa dilalui lagi," terang dia, 

Adapun kondisi tanah disekitar lokasi masih labil lantaran  di atas tebing itu ditemukan tanah yang retak-retak,bahkan diperkirakan, jika hujan deras mengguyur wilayah itu dalam waktu lama, maka tebing itu
terancam longsor susulan. Oleh karena itu, masyarakat desa setempat berencana akan memberi tanda peringatan bahaya awas longsor di jarak 50 meter sebelum titik tebing tersebut agar warga yang melintas lebih berhati-hati.
Powered by Blogger.