Header Ads

Cabai Rawit Setan Tembus 140 Ribu Per Kg,Sedikit Pedagang Yang Berani Jual


KAJEN - Harga cabai rawit setan terus mengalami kenaikan,seperti di Pasar Induk Pasar Kajen harganya menembus angka Rp.140.000,- per kg,Rabu (8/2).

Salah seorang pedagang sayur di Pasar Induk Kajen,Uswanti mengungkapkan kenaikan harga cabai rawit setan disebabkan karena faktor cuaca sehingga cabai cepat busuk dan gagal panen.

"Naiknya sudah lama tapi dua hari ini bertambah naik lagi,pembeli jadi kurang biasanya 5 kg habis sehari,ini sehari cuma bisa jual 2,5 kg."

Selain pembeli yang berkurang , pasokan juga langka sehingga tidak semua pedagang bisa menjualnya dan memang banyak penjual yang tidak berani dikarenakan kemungkinan ruginya lebih banyak.

Untuk menekan angka kerugian Uswanti mensiasati dengan tidak boleh memilih jika ada pembeli,karena takutnya pembeli akan memilih yang segar dan yang hampir busuk bisa tidak terbeli.

Pedagang sayur yang lainnya,Winarti (26) ,mengungkapkan bahwa harga cabai rawit merah memang tidak pernah turun sejak  beberapa bulan yang lalu.

"Kalau cabai rawit biasa ya masih standar Rp.70.000,- per kg,kadang ya Rp 69.000,- per kg,Cabai merah keriting Rp.40.000,- per kg ,cabai merah besar Rp.35.000,- per kg."

Selain cabai rawit merah setan,harga sayur kol/kubis juga mengalami kenaikan dari Rp.3.000,- per kg kini menjadi Rp.4.000,- s/d Rp.5.000,- per kg.

Winarti mengungkapkan bahwa dirinya mendapatkan pasokan cabai dari paninggaran dan kalibening,dirinya bisa menjual 50 kg cabai rawit biasa per hari,sedangkan untuk untuk cabai rawit setan hanya 20 kg per hari.
Powered by Blogger.