Header Ads

Bupati Tinjau Berbagai Fasilitas Di Kampung Tahu

KAJEN – Bupati Pekalongan, H. Asip Kholbihi, SH. M.Si , Jum’at lalu (24/2) mengunjungi “Kampung Tahu”, Desa Babalan Lor, Kec. Bojong. Didampingi oleh Kepala DPU Taru Kab. Pekalongan beserta masyarakat Bupati berkeliling desa untuk melihat secara langsung pembangunan berbagai fasilitas desa yang telah dilaksanakan, seperti talud, pavingisasi, taman edukasi dan rencana pembuatan fasilitas lainnya di “Kampung Tahu”.

Pada kesempatan tersebut Bupati dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kiprah seluruh masyarakat Babalan Lor yang telah bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja “trengginas”, karena saat ini Kabupaten Pekalongan masih harus banyak berbenah. Ditegaskan Asip bahwa sebenarnya tidak ada alasan bagi desa di Indonesia untuk miskin karena memiliki banyak sumberdaya, termasuk sumber daya sosial yang tidak dimiliki oleh desa-desa di negara lainnya, untuk itu dirinya menghimbau agar sumber daya sosial tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai penggerak yang hebat dalam pembangunan.

Ditambahkan Asip bahwa hal penting yang seharusnya dilakukan dalam pelaksanaan sebuah program adalah pentingnya didahului dengan proses edukasi secara panjang dan masif atau dalam istilah politik menurut Asip adalah proses ideologisasi bukan hanya sosialisasi seperti yang saat ini banyak dilakukan. Hal tersebut menurut Asip sangat penting karena melalui proses ideologisasi maka masyarakat akan dengan kesadarannya sendiri mau menjaga dan memelihara apa yang telah dibangun, sehingga kelangsungan hasil pembangunan dapat terjaga serta termanfaatkan dengan baik.

 “ Membangun itu susah, apalagi menjaga dan memelihara itu lebih susah lagi, untuk itu saya akan bantu untuk memelihara apa yang sudah ada di Desa Babalan Lor ini, agar kita tidak hanya bisa membangun tapi bisa memelihara juga,” terang Asip.

Usai berkeliling desa, Bupati beserta rombongan bersama-sama rehat dan menyaksikan bersama video terkait cikal bakal atau proses tahapan program PLPBK ( Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas) yang dilaksanakan di Desa Babalan Lor di Taman Edukasi. Disampaikan oleh Ketua BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat), Subiyanto bahwa video yang diputar tersebut menggambarkan betapa kumuhnya kondisi lingkungan Desa termasuk limbah pembuatan tahu yang dibuang bebas ke sungai.

Dijelaskan kondisi tersebut sekarang sudah berubah berkat bantuan dari program PLTBK, sekarang hampir semua infrastruktur desa sudah tersentuh pembangunan, sekarang harapannya adalah agar ada dana dari APBD yang dapat digunakan oleh desa untuk pemeliharaan sehingga apa yang sudah dibangun saat ini tidak terbengkalai dan dapat terjaga kelestariannya.

Sementara itu, Kepala Desa Babalan Lor, H. Cunari mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkab atas perhatian dan bantuannya sehingga berbagai pembangunan di desa yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik. Ditegaskan Cunari bahwa selama ini berbagai bantuan yang diberikan ke desanya selalu di laksanakan dengan penuh amanah.

“Desa Babalan Lor dibantu berapa saja tidak akan hilang, karena semuanya kita kembalikan untuk kemaslahatan atau kepentingan masyarakat,” tukasnya.
Powered by Blogger.