Header Ads

Senang Dijenguk Wakil Bupati Arini,Seorang Warga Sragi Namai Anaknya Ariani

KAJEN - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan untuk terus menekan angka kematian ibu akibat persalinan Pemerintah Kabupaten Pekalongan melaksanan berbagai progam untuk menekan angka kematian ibu dan anak tersebut. Ibu Wakil Bupati Pekalongan Ir Arini Harimurti melakukan pantuan diberbagai tempat diantaranya Puskesmas I Kecamatan Sragi  sabtu (13/11) kemarin.
 
Didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dr. Sutanto Setiabudi, MKes, Ketua Forum Masyarakat Madani Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FMM-KIA)  Kabupaten Pekalongan  Annasrullah dan para relawan (FMM-KIA) .
 
Kami melalukan pemantauan sejauhmana para petugas puskesmas dalam melayani pasien sekaligus pembinaan kepada segenap petugas agar sigap menangani ibu yang hamil dan akan melahirkan.
 
 “ Sehingga dengan demikian angka kematian ibu di Kabupaten Pekalongan karena pesalinan dapat ditekan”tandasnya. 
 
Ibu Dwi Satu Relawan Forum Masyarakat Madani Kabupaten Pekalongan dari dukuh Ringinpitu  Kelurahan Sragi Kabupaten Pekalongan menjelaskan bahwa Ia bersama sama teman – teman selalu mendukung usaha pemkab dalam menekan angka kematian Ibu dan Anak ini dengan melakukan pendampingan dan pemantauan. 
 
“ Saya bersama pada relawan lain terus melakukan pembinaan khususnya para wanita yang beresiko tinggi dalam persalinan dengan memberikan motivasi dan semangat agar mereka berpola hidup sehat sehingga ketika melahirkan anak dan ibunya sehat”terangnya.
 
Pada kesempatan yang sama seorang pasien Kurnadi  warga Purwodadi Kecamatan Sragi yang mengantarkan istrinya melahirkan menyampaikan terima kasih kepada pemkab dan semua pihak atas pelayanan selama ini terhadap istinya sejak hamil hingga melahirkan yang telah dilakukan dengan baik. Bahkan tidak dikenai biaya saat melahirkan di Puskesmas karena memakai Kartu Kajen Sehat. 
 
“ Sebagai rasa senang kami dan sebagai bentuk kebahagiaan kami, anak kami ini akan dinamai dengan Ariani, sebagai bentuk terima kasih dan kenang kenangan telah dijenguk ibu Arini wakil Bupati Pekalongan” tandasnya.
 
Gratiskan Pelayanan.
 
Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Pekalongan Ir Arini menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka sosialisasi Hari Kesehatan Nasional Pemkab Pekalongan mengratiskan pelayanan Kesehatan khususnya untuk rawat jalan.
 
 “ Untuk mereka yang melakukan pelayanan kesehatan yang tidak tercover Jamkesnas, Kartu BPJS atau Kartu Kajen Sehat mereka gratis”terangnya.
 
Saat ini masyarakat Kabupaten Pekalongan yang  telah memanfaatkan Kartu Kajen sehat sejak dilaunching 25 agustus ini sebanyak 2700 kartu.
 
” Ini bagian tugas pemerintah dalam menjaga kesehatan dan palayanan kesehatan kepada masyarakat”imbuhnya. 
 
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan dr. Sutanto Setiabudi, MKes menyampaikan bahwa dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Pihaknya melakukan berbagai kegiatan.

"Diantaranya donor darah yang diikuti oleh 60 orang , menggratiskan pelayanan kesehatan untuk rawat jalan pada hari kesehatan, serta melakukan kegiatan Gathering Keluarga besar Dinas Kesehatan dan menghimbau semua dokter yang praktek di Kabupaten Pekalongan untuk meringanan biaya pemeriksaan.Kami juga melakukan kunjungan ke Panti asuhan dengan membawa 250 paket bantuan,” tandasnya.
Powered by Blogger.