Header Ads

Pramuka Sebagai Salah Satu Bentuk Karakter Bangsa

  KAJEN – Pramuka memberikan ruang untuk bisa menghayati kedewasaan dan kematangan sehingga kepramukaannya baik. Untuk itu perlu diadakan diklat pelatihan di sekolah dan lomba-lomba terkait kepramukaan karena Pendidikan karakter memberikan kesempatan melakukan aktualisasi dengan landasan Dasa Dharma Pramuka.
 
” Pembentukan karakter gerakan pramuka juga memberikan pendidikan bahwa apapun yang sudah ada harus dilakukan dengan sungguh-sungguh yang artinya jika sudah berusaha harus mendapat perhatian” ungkap Ketua Kwartir Daerah 11 Gerakan Pramuka jawa Tengah adalah Prof. Dr. Ir. S. Budi Prayitno, MSc pada saaat Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing  Cabang dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan masa bakti 2016- 2021.
 
 Dalam acara Pelantikan yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan pada Jumat (25/11) lalu, Ir. Bambang Irianto, MSi dilantik sebagai sebagai Kepala Kwarcab 11.26 Kabupaten Pekalongan. 
 
Ia  mengatakan bahwa Pramuka hendaknya bisa menjadi teladan dan contoh dengan pembinaan karakter harus menyentuh ke dasar.  Pramuka diharapkan bisa membimbing dan memberikan arahan sehingga program kerja dapat dilaksanakan dengan semangat yang sungguh-sungguh. “Semua akan terulang dengan niat kita. Biaya memang penting tapi semangat lebih penting untuk mengantarkan generasi muda yang baik,” ujar Bambang. 
 
Sementara itu Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, MSi yang sebelumnya dilantik  selaku Ketua Mabicab Kabupaten Pekalongan mengungkapkan, Jawa tengah saat ini menjadi pioner sentral gerakan pramuka yang terorientasi pada roh akan kepanduan. Oleh karenanya Beliau berpesan agar Pramuka senantiasa meningkatkan gerakan pramuka kwarcab Pekalongan dengan lebih maksimal.
 
 “Pramuka terorientasi pada pendidikan karakter di tengah – tengah erosi nasionalisme dan erosi patriotisme, dan ditengah-tengah orang kehilangan harmoni,” tegas Bupati
 
Lebih lanjut Asip mengatakan, melalui gerakan pramuka, gejala-gejala sosial bisa diantisipasi. Ditambahkannya, kebutuhan - kebutuhan jasmani dan rohani harus ditangani secara pararel.

 “Spirit pramuka adalah spirit kerjasama, bekerjasama dalam kebaikan,” tegas Asip.
Powered by Blogger.