Header Ads

Dewan Kehormatan Dan Pengurus PMI Dilantik



KAJEN – Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Pekalongan Masa Bakti 2016-2021 dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah dr. H. Imam Triyanto, M.Ph. dan disaksikan oleh Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, Msi yang juga Pelindung PMI Kab. Pekalongan.Jum'at (4/11).
 
Mereka yang dilantik di Pendopo Rumah Dinas Bupati Pekalongan di Kajen tersebut adalah Ir. Susiyanto, MM sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI dan Ir. Arini Harimurti dilantik sebagai Ketua Pengurus PMI. Sejumlah nama lain adalah Imam Ismanto Bakti, SE dan Hendarti Susilo sebagai anggota Dewan Kehormatan Kabupaten Pekalongan masa bakti 2016-2021.
 
Sedang pengurus PMI mendampingi Ibu Arini adalah Drs. Ali Riza, Msi sebagai Wakil Ketua I, Bambang Ruswanto, SKM,M.Kes Wakil Ketua II dan Keman, SPd sebagai Wakil Ketua III. Pengurus lainnya tercatat nama Supriyadi, SE, dr. Ryan Ardana, drg. Gunarti, Rustamiji, Sugiyanto, Drs.H.Muslimin, MPd.I serta Catur Elmiyanti, Sp.M.Pop.HR. 
 
Bupati Pekalongan dalam sambutannya saat acara tersebut menyampaikan apresiasi atas pelantikan ini yang menurutnya PMI sangat penting keberadaannya sebagai organisasi mitra strategis Pemerintah dalam hal melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan yang tidak dapat dilakukan oleh pemerintah. “Dalam usianya yang tak lagi muda (71 tahun), PMI di Indonesia dengan slogannya yang sangat mulia yaitu ‘Setetes Darah Anda Menyelamatkan Sesama’, PMI di Indonesia sudah berjalan dengan baik,” ujarnya. 
 
Bagi Asip, PMI adalah organisasi yang tidak mengenal batas dalam tugas pokok dan fungsinya walau secara administratif diatur dalam sistem administrasi pemerintahan, dimana ada PMI Pusat, PMI Propinsi dan PMI Kabupaten/Kota. Oleh karena itu sangat penting menjalin komuniksi antar pengurus-pengurus PMI tidak hanya di Jawa Tengah. “Beruntunglah para pengurus, anggota dan relawan PMI karena PMI adalah ladang bagi kita untuk menanam tanaman di akherat nanti. Di PMI inilah kita bisa menjadi manusia yang betul-betul eksistensinya bermanfaat untuk orang lain,” tambahnya. 
 
Ditambahkan Asip, Pemkab. Pekalongan telah berkomitmen untuk mendukung penuh setiap usaha dari PMI untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan terutama berkait erat dengan bagaimana mendesain partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam konteks memberdayakan PMI ini. “Kita sebagai lembaga yang bertugas untuk membina PMI akan melakukan hal tersebut. Jadikanlah momentum mengurus PMI sebagai niat ibadah karena tujuan PMI adalah untuk kemanusiaan,” pesannya. 
 
Sementara itu atas nama pengurus PMI Jawa Tengah, Imam Triyanto menyampaikan selamat kepada Dewaan Kehormatan dan Pengurus PMI atas pelantikan ini untuk bagaimana mengabdikan diri demi kemanusiaan melalui PMI sesuai dengan kemapuan dan kapasitasnya. “Yuk kita mulai semangat untuk meningkatkan dan melanjutkan kegiatan PMI dari periode yang sebelumnya mengingat tantangan kedepan tentu akan menjadi sesuatu yang perlu kita lakukan dengan sebaik-baiknya,” ujar Imam. 
 
Selanjutnya kepada Dewan Kehormatan, Imam tak lupa meminta “suwuk semburnya” untuk mendampingi pengurus agar PMI ini bisa benar-benar melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. “Selamat datang di PMI, tugas kemanusiaan menanti anda. Kepada Pengurus lama, kami ucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini memajukan organisasi sosial kemasyarakatan di Kabupaten Pekalongan,” lanjutnya. 
 
Di bagian lain, Ketua PMI Kab. Pekalongan Arini Harimurti mengajak kepada seluruh pengurus dan relawan untuk belajar melakukan perubahan-perubahan dengan berinovasi sehingga tidak monoton, karena tantangan kedepan semakin kencang. “Jangan sampai PMI hanya dianggap sebagai bulan dana dan pengadaan darah saja. Mari kita berupaya agar PMI bisa dipercaya masyarakat, dan selalu ada saat masyarakat membutuhkannya,” ajaknya. 
Powered by Blogger.