Header Ads

Polres Pekalongan Luncurkan Sistem On Line Dalam Pembuatan SKCK

KAJEN -  Sat Intelkam Polres Pekalongan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam penerbitan SKCK  melalui pelayanan on line, hal tersebut disampaikan oleh Kasat Intelkam Polres Pekalongan Polda Jateng AKP GN Simatupang yang ditemui pada sela sela aktifitas kerjanya.

"Kami bekerja sama dengan Dit Intelkam Polda Jateng untuk menginstal aplikasi SKCK on line, dengan tujuan agar mempermudah masyarakat yang akan mengajukan permohonan penerbitan SKCK untuk wilayah hukum Polres Pekalongan, dimana masyarakat bisa membuka layanan SKCK on line di website skck.jateng.polri.go.id"

Dijelaskan oleh Kasat Intel, bahwa masyarakat bisa mengajukan dimana saja, tidak perlu datang ke Polres Pekalongan.

" Jadi masyarakat jika sudah masuk ke website yang tadi bisa langsung mengisi formulir yang telah ada, kemudian meng upload data-data persyaratan yang diperlukan yang sudah discan, setelah selesai nanti dapat nomor urut, jika akan mengambil SKCK maka datang langsung ke Polres kemudian menunjukan nomor tersebut dan jangan lupa membawa kelengkapan administrasi atau hard copynya, pemohon langsung saja masuk ke ruang pelayanan SKCK, dan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri No 18 Th 2014 tentang Tata Cara Penerbitan SKCK."

Untuk saat ini biaya PNBP SKCK sebesar Rp. 10.000,- per penerbitan sesuai dengan PP No 50 Th 2010 tentang PNBP di lingkungan Polri.

"Jadi nanti pemohon SKCK akan dikenakan biaya PNBP sebesar Rp. 10.000,-per penerbitan, dimana itu sudah sesuai dengan PP No 50 Th 2010, dan untuk saat ini juga sudah ada wacana akan ada kenaikan tarif PNBP nya yang dibagi menjadi 2 jenis yaitu dari Rp. 10.000,- menjadi Rp. 30.000,- per penerbitan untuk pemohon WNI, dan Rp. 60.000,- untuk yang WNA, kamipun sudah mensosialisasikannya melalu Polsek-Polsek."

Saat ini dari Pemerintah pusat sedang melakukan Operasi Pemberantasan Pungli, dan menurut Kasat Intel di Polres sudah tidak ada pungli terkait penerbitan SKCK.

"Kami sudah menerapkan bebas pungli pada penerbitan SKCK di Polres, jadi kalau ada pungli terkait penerbitan SKCK di Polres tinggal mengadukan saja melalui SMS ke No 0853 2528 3858, hal ini juga sesuai dengan arah dan kebijakan Kapolri dalam program Promoter dan juga Comander Wish Kapolri" demikian imbuhnya.
Powered by Blogger.