Header Ads

Bupati Awali Program Sonjo Deso

KAJEN -  Mengawali progam Sonjo Deso atau berkunjung ke daerah oleh Bupati Pekalogan dengan mengajak pimpinan SKPD untuk berdialog dengan warga dan menyampaikan progam Pemerintah dilaksanakan pada minggu pertengahan bulan Oktober ini. Pada Kesempatan ini desa Gembong Kecamatan Kandangserang menjadi agenda pertama acara Sonjo Deso.

Pada acara dialog  dengan warga Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan bahwa Wilayah Kecamatan Kadangserang Bagian Selatan sudah saatnya, menjadikan  SMP  Satu Atapnya dinaikkan gradenya menjadi SMP Reguler. “ Jika sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai SMP reguler maka Pemkab akan segera memuwujudkannya” tandas Bupati Pekalongan Asip Kholbihi pada acara Sonjo Deso di Desa Gembong Kecamatan Kandangserang (16/5).
 
Hadir pada kesempatan tersebut segenap kepala SKPD Kabupaten Pekalongan dan para lurah se Kecamatan kandangserang.
 
Untuk mendirikan SMP Reguler selain jumlah siswa yang harus memenuhi kuota, juga ada standar luas untuk pembangunan lokal sekolah. “ Paling tidak diwilayah tersebut harus tersedia lahan yang luasnya kurang lebih 5000 m persegi untuk pembangunan lokal gedung dan pendukungnya,” terang Bupati.
 
Menanggapi hal tersebut Kepala desa Bodas menyampaikan tentang kesiapannya untuk mendukung mewujudkan menjadi SMP Reguler dengan mempersiapkan lahan seluas standar Sekolah reguler. “Kami akan mulai mengidentifikasi tentang kemungkinan tersedianya lahan tersebut”tandasnya.
 
Pentingnya Pendidikan
 
Bupati menyampaikan pentingnya arti pendidikan bagi setiap insan untuk meraih masa depan. Meskipun nasib merupakan karunia Alloh SWT untuk masing masing  pribadi, namun pendidikan merupakan salah satu ikhtiar untuk meraih sukses. Hal ini perlu disampaikan karena didaerah pegunungan seperti macam Dssa  Klesem, Gembong dan Bodas dan lainnya , angka siswa yang putus sekolah tidak meneruskan ke jenjang Menegah masih tinggi. Hal ini dimungkinkan karena letak sekolah menengahnya memang sangat jauh dari ketiga wilayah tersebut.
 
Untuk itu jika tidak memungkikan untuk berdirinya sebuah SMA atau SMK , paling tidak dibangun sekolah Kejar Paket C atau sejenisnya.” Untuk mengatasi sementara terkait dengan masih tingginya murid tidak melanjutkan ke jenjang menengah , Sekolah Kejar Paket  menjadi solusinya” terang Asip.
 
Menanggapi hal tersebut Plt Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan Ibu Sri Sugiarti menyampaikan dukungan dan segera akan menunggu proposal dari desa Gombong Bodas atau Klesem sebagai betuk kesungguhan menyelenggarakan Sekolah Kejar Paket. Dan secara tehnis setelah ada proposal nanti dari Dindik akan menindaklanjutinya.” Karena untuk membangun sekolah Menengah Reguler  dibutuhkan kajian lebih dalam sehingga dalam waktu dekat ini hal tersebut belum terpenuhi”imbuhnya.
 
Penuhi pembangunan Prasarana Jalan
 
Selanjutnya terkait dengan pembangunan sarana prasarana jalan kepala Desa Gembong Kecamatan kandangserang Aji Imam Ratono mempertanyakan sejauhmana Pemkab dalam rencana pembangunan di Kecamatan Kandangserang.
 
Bupati Pekalongan Asip Khobihi menyampaikan bahwa Pemkab Pekalongan tetap berkomitmen konsisten membangun wilayah Kabupaten Pekalongan khususnya wilayah Kecamatan Atas. “ Kita akan tetap komitmen meneruskan program Pemerintahan yang terdahulu dalam rangka membangun Kecamatan dibagian atas”terangnya
 
Sementara itu Plt. Kepala Dinas PU Suwiryo, SIP menambahkan pada menyampaikan terkait rencana
Prioritas infrastruktur pembanguan Jalan tahun 2017 diwilayah Kecamatan Kandangserang meliputi pembangunan ruas jalan Tajur - Kandangserang, Gamblok – Bubak, Bubak - Garungwiyoro, Cangkring – Gembong, Gembong - Klesem, Gamblok - Luragung, Sigugur- Trajumas, Bubak Werdi, Jembatan Kaligenteng, jembatan Santokhid dan Draianase Tajur Kandangserang. Sementara Tahun 2016 jalan Tambakroto- Tajur, Lambur - kandangserang dan pengaspalan dukuh Sidong desa Gembong. “ Sementara itu untuk pembangunan Bantuan Rumah tidak layak huni tahun 2017 , untuk Desa Gembong  diusulkan 140 unit rumah, Gayung wiyoro Bojongkoneng dan Sukoharjo masing 30 unit”terang Wiryo
Powered by Blogger.