Header Ads

1.763 Anggota Palang Merah Remaja (PMR) Ikuti JUMBARA

 KAJEN – Sebanyak 84 unit pangkalan dengan 1.763 anggota PMR (Palang Merah Remaja) beserta masing-masing pembinanya yang ada di setiap unit Pembinaan PMR Madya dan Wira Se Kabupaten Pekalongan pagi ini (15/9) memadati Kompleks Bumi Perkemahan  Obyek Wisata dan lapangan Desa Linggoasri Kecamatan Kajen Kab. Pekalongan. Mereka berkumpul untuk mengikuti Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) PMR-X PMI Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. 

Menurut Ketua Panitia Kegiatan Budi Nur Efendi, dari total peserta Jumbara yang melebihi target tersebut terdiri dari anggota PMR Wira (setingkat SMA) sebanyak 33 unit pangkalan dengan jumlah peserta 696 orang, dan anggota PMR Madya (setingkat SMP) sebanyak 51 unit pangkalan dengan jumlah peserta 1.067 orang. “Mereka akan mengikuti Jumbara selama 4 hari yaitu mulai Rabu s/d Sabtu tanggal 14-17 September 2016 nanti,” ujar Budi.
 
Lebih lanjut Budi menyampaikan, kegiatan Jumbara dilaksanakan sebagai sarana evaluasi kompetitif terhadap kurikulum pembinaan dan pelatihan ketrampilan serta pengetahuan kepalangmerahan anggota PMR Madya dan PMR Wira Tingkat Kabupaten Pekalongan, dan juga sebagai ajang untuk mempererat tali persahabatan dan persaudaraan sesama anggota PMR di Kabupaten Pekalongan. “Disamping itu juga sebagai sarana sosialisasi tahapan Pembinaan PMR dan Tehnis Uji Tanda Kecakapan PMR serta membangun remaja Indonesia yang memiliki karakter Palang Merah dan kaya aksi kemanusiaan untuk membantu masyarakat,” jelas Budi. 
 
Dijelaskan Budi, ada banyak kegiatan dalam Jumbara PMR-X  Ciptakan Generasi Berkarakter dan Kaya Aksi tersebut. Diantaranya dengan devile Maskot Pangkalan PMR, dan juga kegiatan khusus lainnya seperti Kegiatan JUMPA yang meliputi traveling kepalangmerahan, Mading dan Jurnalistik, Kreasi Seni Remaja, dan lain sebagainya, serta Kegiatan BAKTI seperti Desiminator Remaja, Lomba K3, Pembuatan Video Praktik dan Foto Aksi PMR dan Bakti Masyarakat. “Selain Kegiatan Jumpa dan Bakti, juga ada kegiatan Gembira yang diisi dengan Edutainment  (Pemutaran Film), Pentas Inagurasi, Outbond Kepemimpinan, Olahraga dan Senam Ceria, Paduan Suara, Anjangsana “Open House” serta Kontingen Favorit,” jelas Budi.
 
Sementara itu, Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti dalam sambutannya saat membuka Jumbara PMR-X PMI Kabupaten Pekalongan Tahun 20116 menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya Jumbara PMR tersebut. “Saya harapkan kegiatan ini mampu menjadi media bagi adik – adik PMR Kabupaten Pekalongan untuk berekspresi, berinovasi dan tentu saja bergembira bersama dalam bingkai kegiatan yang positif. Sehingga kedepan akan terlahir para remaja yang berkarakter baik dan memiliki pandangan kedepan yang positif (visioner),” harap Arini. 
 
Sebagai organisasi yang anggotanya terdiri dari pelajar SLTP hingga SLTA yang tengah berada pada fase remaja, menurut Arini, PMR merupakan salah satu wadah pendidikan bagi remaja yang menjadi kunci pembinaan remaja dalam membentuk karakter yang baik. “Karena,  Remaja merupakan usia rawan, yang mana pada usia ini akan terbentuk dasar pola pikir, sikap dan tindakan yang sering disebut dengan karakter bulding. Oleh karena itu sebagai upaya membentuk karakter yang kuat pada remaja, mereka harus dicarikan kegiatan yang tepat, tidak membosankan serta memiliki nilai kreativitas yang tinggi,” ujar Arini.  
 
Pada kesempatan tersebut Arini juga menegaskan agar PMR senantiasa mendorong dilaksanakannya kegiatan yang kreatif dan bermanfaat bagi peradaban manusia, dimana aksi – aksi tersebut harus didasari oleh karakter Palang Merah yang peduli, suka menolong dengan jiwa kesukarelaannya, serta  mandiri dan kekeluargaan. “Kegiatan ini saya harapkan diimbangi pula dengan muatan kegiatan atau aksi nyata, sehingga para peserta dapat melihat dan merasakan secara langsung apa yang sesungguhnya terjadi dalam kehidupan nyata,” harapnya. 
 
Diakhir sambutannya, tak lupa Arini berpesan kepada peserta agar memanfaatkan kegiatan ini dengan baik. “Saya yakin kegiatan ini akan membawa manfaat baik bagi diri kalian sendiri maupun bagi orang lain di sekitar kalian. Semangat! Lanjutkan dengan aksi-aksi kegiatan yang bermanfaat. Sedangkan kepada panitia, saya harap agar menjaga keamanan dan keselamatan selama kegiatan berlangsung agar pelaksanaan Jumbara berjalan dengan lancar dan tujuan kegiatan dapat tercapai,” pesannya.
Powered by Blogger.