Header Ads

PC Fatayat NU Gelar Workshop Peningkatan Life Skill Tekhnik Konseling


KAJEN – Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama (PC Fatayat NU) Kabupaten Pekalongan melalui Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (LKP3A) bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) STAIN Pekalongan menggelar workshop Peningkatan Life Skills Teknik Konseling.
 
Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat hingga Sabtu (12 – 13 Agustus 2016 di aula lantai 3 Gedung PCNU Kabupaten Pekalongan di Kedungwuni dan diikuti 25 kader Fatayat NU yang merupakan delegasi dari PAC Fatayat NU se Kabupaten Pekalongan.
 
Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan, Hj. Mufasiroh, M.Si pada pembukaan workshop, Jumat (12/8/2016) berharap para peserta mampu mencerna materi yang disampaikan oleh para narasumber, sehingga nanti dapat mensosialisasikan kepada sahabat-sahabat Fatayat NU yang ada di daerahnya masing-masing tentang program-program yang ada di PC Fatayat NU terutama LKP3A yang sebelumnya bernama LKP2A, tetapi hasil Kongres tahun 2010 di Pondok Gede Jakarta diubah menjadi LKP3A.
 
“LKP3A adalah lembaga bentukan Fatayat NU dan memiliki dasar hukum yang sah serta tercantum dalam PD PRT Fatayat NU Kabupaten Pekalongan,” ujarnya.
 
LKP3A, menurut Mufasiroh,  dalam perjalanannya sudah banya memberikan kontribusi kepada masyarakat luas. “Oleh karena itu melalui kegiatan workshop ini kami selaku Pimpinan Cabang Fatayat NU sangat mengharapkan agar eksistensi LKP3A ini lebih maksimal lagi. Bagaimana peran kita dalam menangani kasus-kasus yang terjadi di masyarakat secara luas terutama pada perempuan atau anak yang mengalami tindak kekerasan untuk benar-benar langsung dapat dikaji,” imbuh Mufasiroh.
 
Sementara itu, Kepala Dinporapar Kabupaten Pekalongan yang diwakili Kabid Pemuda, Hj. Rahmawati, S.IP., M.Si dalam sambutan menyatakan dukungan atas kegiatan yang diselenggarakan oleh LKP3 Fatayat NU bekerjasama dengan LPM STAIN Pekalongan.
 
Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Dra. Hj. Hindun, MH., selaku Penasehat PC Fatayat NU sebelum membuka acara workshop, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas dalam rangka untuk lebih mempunyai kemampuan guna memberikan konseling kepada masyarakat sangatlah diperlukan.
 
Hindun berharap dengan diselenggarakan workshop teknis konseling akan muncul konselor-konselor handal dari Fatayat NU Kabupaten Pekalongan yang akan dapat melayani masyarakat khususnya dalam penanganan masalah KDRT.
 
Workshop selama dua hari itu dilaksanakan dalam teori dan praktek. Di hari pertama menghadirkan narasumber dari tim LPM STAIN Pekalongan yaitu DR. Esti Zaduqisti, S.Ag., M.Si yang memberikan materi tentang Psikologi Kepribadian. Selanjutnya, Purnama Rozak, S.Sos.I, M.Si dengan materi tentang Kesehatan Mental dan Nadhifatus Zulfa, M.Pd mengambil materi tentang BK Individu dan BK Kelompok.
 
Di hari kedua, workshop menghadirkan narasumber dari Polres Pekalongan yang akan menyajikan materi tentang Dasar Hukum Perundang-Undangan KDRT dan materi tentang Alur Hukum Pelaporan dan Pendampingan Kasus. Dan workshop akan ditutup dengan materi sharing penanganan kasus yang akan disampaikan oleh tim LKP3A PC Fatayat NU Kabupaten Pekalongan.
Powered by Blogger.