Header Ads

Pameran Buku Dan Arsip Serta Jambore Perpustakaan Kab.Pekalongan Dibuka Oleh Bupati



KAJEN – Pameran Buku dan Arsip serta Jambore Perpustakaan Kabupaten Pekalongan Tahun 2016 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen dibuka oleh Bupati Pekalongan, H. Asip Kholbihi, SH, M.Si,Senin pagi tadi (22/8).

 Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab. Pekalongan, Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan beserta jajarannya, Ketua TP PKK Kab. Pekalongan serta Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip se Propinsi Jawa Tengah, Penggiat perpustakaan serta peserta Jambore Pengelola Perpustakaan Kabupaten Pekalongan.
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KanperpusArsipda), Tutik Iriyanti, SH. M.Si dalam laporannya mengungkapkan bahwa kegiatan yang akan digelar dari tanggal 22 sampai dengan 26 Agustus 2016 tersebut mengangkat tema “Budayakan Membaca Menuju Kajen Kabupaten Literasi”. Dijelaskan Tutik, maksud dan tujuan pameran buku dan arsip  ini sebagai salah satu bentuk partisipasi aktif  Kaperpus dan Arsipda Kab. Pekalongan dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat Kab. Pekalongan dan sekitarnya.  
Disamping itu juga untuk membuka cakrawala berpikir masyarakat Kab. Pekalongan agar menjadi masyarakat yang cinta dan peduli pada buku, serta untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan dan informasi. “Tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan, merangsang, mengembangkan dan memelihara minat baca masyarakat, serta melestarikan karya ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelas Tutik. 
Ditambahkan Tutik, dalam kegiatan tersebut dimeriahkan pula dengan berbagai lomba dari mulai anak-anak PAUD, SD, SMP, SMA juga masyarakat umum. Termasuk juga diadakan Workshop penulisan dan mendongeng, serta Bedah Buku. “Kami juga mengadakan Jambore Pengelola Perpustakaan yang akan dilaksanakan selama 2 hari (22-23 Agustus 2016) di halaman Kantor Perpusda. Jambore ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Perwakilan Pengelola Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM), Rumah Ibadah, Perguruan Tinggi, SMP/SMA/SMK, dan Ikatan Pustakawan Sekolah Dasar serta dari Perpustakaan Desa,” tambah Tutik. 
Bupati Pekalongan H.Asip Kholbihi, SH, MSi mengawali sambutannya mengajak semua yang hadir untuk terus menerus menggiatkan budaya membaca di negera ini khususnya di Kabupaten Pekalongan mengingat budaya membaca di negara kita belum menggembirakan dibanding negara-negara maju. “Bangsa yang maju adalah bangsa yang mencintai buku,” ujarnya. 
Lebih lanjut Asip menyampaikan harapannya agar acara ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menambah koleksi khasanah pustaka yang dimilikinya. Sekaligus untuk mendorong masyarakat agar lebih mencintai buku dan meningkatkan apresiasi terhadap arsip, karena menurutnya salah satu indikator negara yang maju adalah harus memiliki banyak buku. 
Pada kesempatan tersebut Asip juga menyampaikan bahwa Kabupaten Pekalongan ini membutuhkan para penulis handal untuk mendiskripsikan kekayaan alam dan budaya kab. Pekalongan. “Kami menunggu tangan tangan terampil dari para penulis muda untuk mengangkat potensi lokal kabupaten Pekalongan. Kami akan adakan lomba menulis narasi tentang Batik dan hadiahnya umroh,” tegasnya. 
Kepada event organiser, para penerbit, dan pelaku bisnis perbukuan tak lupa Asip berharap untuk tidak menjadikan event tersebut hanya sebagai promosi perbukuan tetapi sekaligus untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan gemar membaca. “Ini harus diedukasi karena masyarakat belum sadar membaca itu penting dan harus dilakukan,” pesannya. 
Terkait Jambore Pengelola Perpustakaan, Asip berharap semoga jambore ini dapat menjadi media koordinasi dan komunikasi bagi proses penyebaran informasi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Saya titip bersama-sama ikhtiar untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat kabupaten pekalongan sehingga bisa ditularkan ke masyarakat luas,” harapnya. 
Dalam acara tersebut, juga dilakukan Pelantikan Pengurus Daerah FTBM sebagai mitra Kanperpusda untuk menggiatkan gemar membaca masyarakat Kabupaten Pekalongan. Dan juga disampaikan penghargaan untuk 4 kategori pengunjung (peminjam) Koleksi Perpustakaan Umum Teraktif Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. Masing-masing dari Kategori Umum adalah Triyono dari Wonorejo Kajen, Kategori Pelajar adalah Talita Rahma dari SDIT Insan Mulia Kajen, Kategori Mahasiswa Defrisnto AP, Pesona Griya Karanganyar, serta kategori PNS diserahkan kepada Ismail Nur Hidayat dari Kecamatan Karangdadap.
Powered by Blogger.