Header Ads

Kontingen Jamnas Dilepas Bupati

 KAJEN – Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH.M.Si selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka secara resmi melepas kontingen Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 Kwartir Cabang Kabupaten Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, Senin (8/8/2016) di pendopo rumah dinas jabatan Bupati Pekalongan.
 
Sebelum melepas kontingen, Bupati dalam sambutan menyampaikan bahwa Jambore merupakan forumnya para pramuka penggalang yang berusia 11 hingga 15 tahun. Pada kegiatan tersebut, kata Bupati, adik-adik pramuka penggalang dapat melakukan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar penggalang sebagai sarana pembinaan pramuka penggalang yang menitikberatkan pada pembentukan watak, meningkatkan sikap kemandirian, ketrampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penggalang serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode Kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma.
 
“Masa usia pramuka penggalang adalah masa pemuda yang penuh emosi, belum stabil, mudah berubah, masa berkembang dan semangat hidupnya masih dipengaruhi lingkungan. Untuk itu kepada kakak Pembina harus membimbing dan mengarahkan dengan baik agar menjadi penggalang yang tangguh dan penuh dengan tanggung jawab,” ujar Bupati.
 
Bupati berharap agar kegiatan Jamnas ke-10 tahun 2016 dijadikan sebagai wahana persaudaraan sesama, anggaplah teman-teman yang dari jauh adalah saudara yang sudah lama tidak ketemu dan ingatlah pesan Baden Pawel bahwa seluruh anggota pramuka adalah saudara dalam satu keluarga, tidak ada yang bisa memisahkan kita.
 
“Saya selaku Ketua Mabicab  mendukung sepenuhnya kegiatan Jamnas ini dan saya berpesan ikuti kegiatan Jamnas ini dengan penuh semangat, tunjukkan bahwa Penggalang Kabupaten Pekalongan mampu untuk melakukannya,” pesannya.
 
Sementara itu Ketua Kwarcab Drs. H. Umaidi, M.Si dalam laporannya menyampaikan Jambore Nasional yang merupakan program Kwartir Nasional wajib diikuti oleh semua Kwarcab di seluruh Indonesia dan akan diselenggarakan mulai tanggal 12 sampai 21 Agustus 2016 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.
 
Lebih lanjut, Umaidi menjelaskan bahwa dalam rangka mengikuti Jamnas 2016 Kwarcab Kabupaten Pekalongan telah melakukan seleksi peserta yang diikuti oleh penggalang SMP/MTs se Kabupaten Pekalongan dan telah terpilih 32 anak penggalang.
 
“Pada tanggal 11 Agustus 2016 nanti kontingen Jamnas Kabupaten Pekalongan akan diberangkatkan menuju Buper Cibubur Jakarta dengan 44 peserta terdiri 32 anak penggalang, 4 pimpinan kontingen dan 8 pendamping,” ungkapnya. 
 
Dalam kesempatan itu, sebagai tanda pelepasan kontingen Jamnas, Bupati Kamabicab berkenan menyerahkan bendera pramuka kepada Kakwarcab yang selanjutnya diserahkan kepada ketua kontingen. Bupati juga memakaikan jaket almamater kepada perwakilan kontingen yang disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir.
Powered by Blogger.