Header Ads

Ir Arini Harimurti Terpilih Kembali Jadi Ketua PMI

KAJEN – Ir Arini Harimurti akhirnya terpilih kembali menjadi ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan untuk masa bhakti 2016 - 2021. Hal ini setelah dilakukan pemilihan secara aklamasi oleh para peserta Muskab PMI Kabupaten Pekalongan. Para peserta sebelumnya menerima pertanggungjawaban Ketua PMI Kabupaten Arini masa bhakti 2011 – 2016 dan menerima program kerja yang akan dilaksanakan 5 tahun mendatang 2016 – 2021.
 
Pengurus PMI Jawa Tengah yang hadir Tobari menyatakan selamat atas kepemimpinan yang baru dan semoga dapat menjalankan amanat dengan baik. “ Dengan terpilihnya ibu Arini kembali semoga membawa PMI Kabupaten Pekalongan lebih baik” tandasnya.
 
Sementara itu sebelumnya pada saat pembukaan Muskab PMI , Ir. Arini Harimurti selaku wakil Bupati Pekalongan menjelaskan  bahwa PMI merupakan salah satu aset penting dan mitra strategis dalam pembangunan bidang kesehatan dan kemanusiaan.”Oleh karena itu, pemkab akan selalu memberdayakan dan selalu memberikan dukungan dan sumbangsih pemikiran serta kerja nyata untuk PMI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” ujar Wakil Bupati Pekalongan Ir. Arini Harimurti pada Pembukaan Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kabupaten Pekalongan tahun 2016 yang berlangsung di Pendopo Wakil Bupati Pekalongan, Selasa (30/8). 
 
Dalam kesempatan tersebut hadir Dewan Kehormatan PMI Kab Pekalongan, Pengurus PMI Provinsi Jawa Tengah dan Kab Pekalongan, Farkompinda Kab Pekalongan, SKPD, relawan KSR, dan PMR wira khususnya dari SMA 1 Kajen. Kegiatan tersebut dibuka dengan pembacaan 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional.
 
Terkait dengan penyusunan rencana program kerja, Arini berpesan agar PMI hendaknya lebih realistis dan membumi, sehingga program kerjanya memiliki manfaat tidak hanya bagi anggota tapi juga untuk masyarakat. “PMI hendaknya tiada henti untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian seluruh anggotanya,” ujarnya.
 
Wakil Bupati Pekalongan, Ir. Hj. Arini Harimurti mengucapkan selamat datang kepada pengurus PMI provinsi Jawa Tengah dan selamat atas dilantiknya pengurus PMI Jawa Tengah. Arini juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada keluarga besar PMI Kab Pekalongan atas kerja keras dan keterlibatannya dalam setiap kegiatan kemanusiaan di Kab Pekalongan. ” Selama ini, PMI telah menunjukkan dedikasi dan kualitasnya dalam melakukan kegiatan kemanusiaan,” terangnya.
 
Sementara itu ketua penyelenggara Drs. Ali Riza, M.Si menyampaikan bahwa maksud kegiatan ini adalah untuk melaksanakan tugas amanat organisasi PMI dalam menampung aspirasi dari semua komponen yang tergabung dalam aktivitas kepalangmerahan di Kab Pekalongan, “Serta untuk meningkatkan semangat kerja dengan selalu menciptakan suasana baru yang lebih inovatif dengan melakukan evaluasi dan menyusun program yang bersifat integritat, inovasi, dan komunikatif,” ungkapnya.
 
Sedangkan Pengurus PMI Provinsi Jateng, Tobari menyampaikan bahwa musyawarah ini dilakukan untuk mengevaluasi kerja selama 5 tahun yang lalu, menetapkan program 5 tahun kedepan, memilih Dewan Kehormatan dan pengurus yang baru. Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pertolongan melalui program berbasis masyarakat. 
 
“Dalam melakukan pemilihan, diharapkan ketika memilih mempertimbangkan kemampuan, mengesampingkan kepentingan pribadi dan golongan dan hendaknya memperhatikan kesinambungan pengurus, serta pengurus diangkat berdasarkan keahlian dan profesi,”anjurnya.
 
Mengenai Bulan Dana, kegiatan ini masih dijadikan andalan. Diharapkan untuk tahun ini Bulan Dana yang diperoleh bisa semakin besar. Untuk menilai PMI Kab Pekalongan dalam melaksanakan program kerja periode tahun 2011-2016 cukup maju dalam melakukan laporan-laporannya. Kebijakan yang dijalankan mendapat warna hijau yang berarti baik, sarana prasarana baik, kinerja pelayanan baik, pencitraan dan kemitraan baik, sumber daya manusia warna kuning yang berarti cukup.
 
Tobari juga menyampaikan apresiasi kepada PMI periode lalu pada saat terjadi banjir pantura 2015, PMI Kab Pekalongan telah bekerja dengan baik, kepada PMR wira SMA 1 Kajen yang mendapat juara 1 tingkat Jateng pada tahun 2015, dan Jumbara Nasional 2016 meraih perigkat 1 tingkat nasional. “Semoga PMI Kab Pekalongan dapat memenuhi hati masyarakat dan mampu bekerja dengan terencana, tertib dan tetap bertanggung jawab,” ungkapnya.
Powered by Blogger.