Header Ads

HUT Koperasi 69,Koperasi Yang Aktif Di Kabupaten Pekalongan 372 Dari 570

KAJEN – Wakil Bupati Pekalongan, Ir. Hj. Arini Harimurti hari ini (10/8) menghadiri secara langsung Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Koperasi ke – 69 tingkat Kabupaten Pekalongan yang digelar di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kajen. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Pekalongan, Ir. Teguh Isdaryanto, Ketua Dekopinda Kab. Pekalongan, H. Basori Anwar serta para pengurus Koperasi se- Kabupaten Pekalongan.
 
Ketua Dekopinda dalam laporannya mengungkapkan bahwa hingga saat ini jumlah Koperasi di Kabupaten Pekalongan adalah 570, dengan kondisi yaitu koperasi yang aktif 372 (65 %) dan yang tidak aktif sebanyak 198 (35 %), sedangkan jumlah Pengurus dan pegawai koperasi : 1.184 orang dan Jumlah anggota koperasi : 125.177 orang.
 
Sementara itu, mengawali sambutannya Wabup berpesan agar HUT Koperasi ke - 69 tahun 2016 yang bertema “ Reformasi Koperasi untuk mewujudkan koperasi yang sehat, profesional dan berdikari ”,  agar  mampu memotivasi  insan koperasi untuk membangun koperasi menjadi lebih berkualitas, dan profesional, sehingga mampu melahirkan koperasi yang sehat, diantaranya  dengan memiliki manajemen yang baik dalam pengelolannya, sehingga mampu memberikan kesejahteraan bagi para anggotanya. 
 
Arini juga mengingatkan agar koperasi yang merupakan salah satu pilar ekonomi rakyat, sebagai penggerak di sektor riil diharapkan bisa menggunakan peluang-peluang dan turut serta pada pembangunan, sehingga posisinya tidak hanya menjadi pelengkap tetapi berperan aktif sebagai pelaku dan tangguh dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Tak hanya itu, koperasi juga diharapkan tidak hanya menjadi mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sebagai media penyerapan tenaga kerja sehingga mampu  mengurangi pengangguran.
 
Sementara itu terkait kondisi riil  koperasi di Kabupaten Pekalongan, Wabup berpesan agar Dekopinda sebagai wadah Gerakan Koperasi dapat mengoptimalkan fungsi advokasi dan fasilitasi dalam menjalin kemitraan dengan koperasi-koperasi sekaligus sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan Koperasi. Sedangkan kepada jajaran Pengurus dan Pengawas Koperasi, untuk dapat mengoptimalkan kompetensi diri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. “ Saya berharap anggota Koperasi agar mempunyai niat, sikap dan dengan penuh kesadaran berpartisipasi untuk memajukan Koperasinya,” tegasnya.
 
Ditambahkan Arini bahwa Pemerintah Daerah selalu berkomitmen untuk mengakselerasi pemberdayaan koperasi agar kondisi dan citra koperasi semakin baik, karena menurutnya dengan kondisi dan citra koperasi yang semakin baik akan meningkatkan animo masyarakat dan tenaga profesional dalam mengelola koperasi. “ Semoga peringatan ini tidak sekedar seremonial, akan tetapi bisa menjadi tonggak kesadaran dan kebangkitan Koperasi di Kabupaten Pekalongan untuk bisa menjadi “Koperasi yang Hebat”, sehingga bisa benar-benar mensejahterakan anggotanya dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,”  tegasnya.
 
Pada kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan uang pembinaan dan piagam bagi 12 koperasi berprestasi oleh Wabup, serta ditutup dengan ceramah oleh Bapak Iwan Setiawan, ME, Direktur PT. MSI dan PT. Ikosindo, yang juga Konsultan Kementerian Koperasi Republik Indonesia.
Powered by Blogger.