Header Ads

Bupati Hadiri Acara Legenonan Di Desa Wringinagung Doro


 
KAJEN – Acara Legenonan yang diadakan di desa Wringinagung kecamatan doro dihadiri oleh bupati pekalongan H. Asip Kholbihi, SH, MSi, dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh masyarakat desa Wringinagung Kecamatan Doro yang telah “nguri-uri” tradisi leluhur dengan mengadakan kegiatan Sedekah Bumi atau kerap disebut dengan “Legenonan”,Minggu malam (14/8). 
 
Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Sedekah Bumi menurut para orang tua adalah sedekahnya ahli bumi yang mengandung maksud agar sebagai umat di bumi ini kita bersedekah kepada sesama agar wasilah amal jariyah, wasilah sodakhoh, infaq. “Serta mengandung maksud agar menumbuhkan kepedulian terhadap sesama dengan harapan desa Wringinagung bertambah subur makmur, rakyat sejahtera dan anak anak menjadi anak yang soleh solekhah berguna bagi agama, nusa dan bangsa,” ujarnya. 
 
Asip juga menyampaikan bahwa dirinya sebagai Bupati bersama Wakil Bupati Ibu Arini mempunyai sebuah program yaitu Kartu Kajen Sehat untuk membantu masyarakat yang tidak mampu agar mendapatkan pelayanan kesehatan dari Pemerintah. “Kartu Kajen Sehat ini seperti Kartu BPJS yang dikeluarkan oleh Pemkab. Pekalongan dan akan dibayarkan oleh Pemerintah pula. Jadi bapak dan ibu tidak perlu membayar ketika membutuhkan perawatan di rumah sakit,” jelas Asip.  
 
Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan keinginannya bagi para generasi muda yang ingin belajar “dalang” atau “sinden” akan disekolahkan oleh Pemerintah sebagai bentuk kepedulian Pemkab. Pekalongan kepada para generasi muda yang ingin mengembangkan bakatnya dengan melestarikan kebudayaan leluhur.  “Saya berharap Pak Mangun memberi inspirasi pada anak muda yang ingin bersekolah dalang atau menjadi sinden. Insyaallah akan saya sekolahkan anak anak ini agar kelak menjadi dalang yang piawai seperti Pak Mangun,” ujarnya. 
 
Tak lupa Asip juga memohon dukungan pada seluruh masyarakat semoga dapat menjalankan amanah memangku jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan sehingga Kab. Pekalongan menjadi kabupaten yang benar-benar loh jinawi, toto tentrem, kerto raharjo dan mendapat rahmat dari Allah Swt. 
 
Sementara itu Kepala Desa Wringinagung Sanuji menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh warganya yang telah menjaga persatuan dan kesatuan di desanya serta telah bersama-sama melaksanakan acara Legenonan tersebut.
Powered by Blogger.