Header Ads

Upacara Bulanan Tiap Tanggal 17,Bupati Ajak Keluar Zona Nyaman Ke Zona Kompetitif

KAJEN – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, SH. M.Si, hari ini (18/7) untuk pertama kalinya menjadi inspektur upacara pada upacara tiap tanggal 17 yang digelar di Lapangan Belakang setda. Upacara dihadiri oleh Ketua DPRD Kab.Pekalongan, Jajaran FKPD Kab. Pekalongan, Sekretaris Daerah beserta para Asisten, Staf Ahli, dan  Kepala SKPD di Lingkungan Pemkab. Pekalongan Serta diikuti oleh para PNS di Lingkungan Pemkab. Pekalongan.
 
Mengawali sambutannya, Bupati mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh peserta upacara atas kesadaran dan kesediannya untuk  mengikuti upacara, selain mengucapkan selamat Idul  Fitri 1437 H mohon maaf lahir dan batin, Bupati juga mengajak seluruh hadirin dan peserta upacara agar menjadikan Idul Fitri sebagai momentum untuk kembali “fitri” dalam upaya melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. 
 
Dalam amanatnya, Bupati menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan era baru kepemimpinan di Kabupaten Pekalongan, dimana terhitung sejak tanggal 27 Juni 2016 dirinya beserta Ibu Ir. Hj. Arini Harimurti telah dilantik dan dikukuhkan sebagai Bupati beserta Wakil Bupati Pekalongan periode 2016-2021.  “ Visi dan misi Bupati sebagai bentuk komitment dan “janji” kepada masayarakat harus diwujudkan dalam masa kepemimpinan 5 tahun ke depan, untuk itu dibutuhkan dukungan penuh dari semua kalangan khususnya dari para pimpinan SKPD beserta jajarannya sebagai “motor pengerak” pemerintahan di Kabupaten Pekalongan,” terangnya.
 
Ditambahkan Asip bahwa sebagai langkah awal mewujudkan visi dan misi Bupati akan terlihat dalam penyusunan RPJMD.  Untuk itu Asip menekankan pentingnya kecermatan dan pemahaman khusus tentang cara merumuskan tujuan, sasaran dan strategi yang tepat dalam penyusunan dokumen RPJMD sehingga mampu merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja selama 5 (lima) tahun ke depan.
 
Untuk itu Bupati meminta kepada para Kepala SKPD beserta jajaranya untuk mempelajari, memahami dan mencermati sehingga  diharapkan bisa menghasilkan dokumen RPJMD yang berkualitas baik, dan  dokumen RPJMD Kabupaten Pekalongan  Tahun 2016-2021 dapat dijadikan sebagai alat pemandu, pengarah dan pedoman dalam pelaksanaan program-program pembangunan daerah selama kurun waktu 5 (lima) tahun ke depan, sekaligus juga dijadikan dasar dalam pertanggungjawaban atas pelaksanaan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat pada setiap akhir tahun anggaran maupun pada saat akhir masa jabatan.
 
Pada kesempatan tersebut, Asip mengajak seluruh jajaran birokrasi, Aparatur Sipil Negara Kabupaten Pekalongan untuk bersama-sama merapatkan barisan, menyatukan tekad dan  persepsi akan tugas dan fungsinya, serta bersama-sama menciptakan  iklim kerja yang kondusif. “Penting saya ingatkan untuk meningkatkan etos kerja, dan budaya kerja yang baik serta menjunjung tinggi etika birokrasi di lingkungan pemerintah Kabupaten Pekalongan, karena hal ini dapat mendorong terciptanya iklim kerja yang kondusif, dan semua itu akan bermuara pada peningkatan prestasi kerja Aparatur,” terang Asip. 
 
Asip berharap, para ASN mampu memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan di Kab. Pekalongan, oleh karenanya ASN diharapkan senantiasa meningkatkan kualitasnya agar mampu merespon perubahan dengan daya kreatifitas dan inovasinya serta senantiasa mengikuti dinamika atau perkembangan regulasi dan tuntutan masyarakat yang begitu cepat.
 
Tak ketinggalan Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pimpinan FKPD dan seluruh jajaran instansi vertikal, atas kebersamaan dan dukungannya selama ini sehingga tercipta sinergitas dan iklim yang kondusif di Kabupaten Pekalongan.  Menurutnya hal tersebut sangat penting demi mewujudkan Visi dan Misi Kepala Daerah dan dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan. “Semoga kedepan hubungan komunikasi dan koordinasi yang baik ini akan semakin meningkat. Demikian juga dukungan dan sinergitas yang konstruktif untuk lebih ditingkatkan di masa mendatang,” ujarnya.
 
Mengakhiri sambutannya, Asip berharap kepada seluruh  peserta upacara, khususnya para ASN di Lingkungan Pemkab. Pekalongan untuk bahu – membahu, bekerjasama memajukan Kab. Pekalongan. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman ke zona kompetitif serta jadilah aparatur yang profesional, berintegritas, serta netral dari intervensi politik. Saya juga mengajak agar seluruh aparatur pemerintah Kabupaten Pekalongan dapat menjadi PR (public relation/humas) yang memiliki jiwa enterpreneur  bagi Kabupaten Pekalongan.
Powered by Blogger.