Header Ads

Munafah Asip Resmi Menjabat Ketua Dekranasda

 KAJEN – Bupati Pekalongan, H. Asip Kholbihi, SH,.M.Si hari ini, Selasa (26/7/2016) secara resmi melantik Tim Penggerak PKK Kab. Pekalongan masa bhakti 2016-2021 di Aula lantai 1 Setda Kabupaten Pekalongan. Serta menyaksikan serah terima jabatan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan periode 2016 – 2021 (Dra. Hj. Munafah Asip Kholbihi) untuk menggantikan Ketua Dekranasda periode 2011-2016 (Ir. Hj. Arini Antono).
 
Hadir dalam kesempatan tersebut para Kepala SKPD dan Camat se-Kab. Pekalongan, para Ketua TP.PKK kecamatan se-Kab. Pekalongan, Ketua GOW dan Organisasi Wanita se-Kab. Pekalongan serta para pengurus Dekranasda Kab. Pekalongan. Mengawali sambutannya, Bupati mengungkapkan bahwa keberadaan PKK dan Dekranasda sangat penting, karena kedua organisasi tersebut merupakan mitra strategis pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam melaksanakan fungsi Pembangunan dan pemberdayaan (Developing dan empowering ).
 
 “Organisasi pemerintahan tidak bisa berdiri sendiri dalam melaksanakan fungsinya, namun dibutuhkan orang lain/ organisasi lain untuk mengakselerasikan semua tugas dan fungsinya tersebut,” tegasnya.
 
Lebih lanjut Asip menegaskan arti pentingnya PKK sebagai organisasi wanita semi pemerintah yang selama ini telah membuktikan peran pentingnya sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan masyarakat seutuhnya,  Karena apa yang telah dilakukan PKK bersentuhan langsung dengan Keluarga sebagai organisasi terkecil dari sebuah bangsa, dengan garapan dan sasaran kerja yang sangat komplek dan beragam yaitu bidang ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, sosial serta bidang lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kemandirian sebuah keluarga. Tak hanya itu, jaringan dan garis komando PKK yang sangat jelas dan memiliki hirarki organisasi dari Pusat sampai ke desa/kelurahan menurutnya merupakan sebuah potensi dan kekuatan luar biasa yang dimiliki PKK.
 
Pada bagian lain, Asip menegaskan agar Dekranasda sebagai mitra pemerintah memiliki peran penting diantaranya dalam  mempromosikan produk-produk kerajinan daerah dan membantu para pengrajin untuk dapat lebih memberdayakan dirinya menjadi lebih sejahtera. Ditegaskan Asip bahwa banyak kelebihan yang dimiliki oleh Kab. Pekalongan yaitu berada tepat di tengah-tengah Pulau Jawa dan di Jalur Pantura, memiliki iklim sosial politik yang kondusif, serta UMK (Upah Minimum Kabupaten) yang kompetitif diharapkan mampu mendorong iklim investasi kearah positif, menurutnya UMKM di Kab. Pekalongan yang berjumlah ± 67.000 sebagai grassrote penggerak ekonomi kerakyatan harus didorong bersama-sama dengan industri besar sehingga mampu berjalan beriringan, hal ini sangat memungkinkan direalisasikan pada 2017. 
 
“ Pasar bebas kawasan ASEAN / Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadi tantangan sekaligus peluang bagi dunia usaha lokal khususnya UKM, untuk itu ayo persiapkan diri kita dengan terus berkreasi dan berinovasi agar dapat bersaing di pasar global,” terangnya.
 
Tak lupa Bupati mengucapkan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kab. Pekalongan masa bhakti 2011 – 2016 atas pengabdian dan sumbangsihnya selama ini bagi kemajuan Kab. Pekalongan. Serta ucapan selamat kepada Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan yang baru menerima penyerahan tugas disertai Harapan agar mereka segera melakukan konsolidasi internal organisasi, menyusun program kerja dengan memperhatikan kebutuhan kedepan dan program kerja ketua yang lama, Segera melaksanakan tugas dengan mengidentifikasi permasalahan , menyerap aspirasi anggota dan mitra, serta menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan seluruh SKPD terkait dalam upaya sinkronisasi program. 
 
“ Terkait dengan tugas dan fungsi PKK dan Dekranasda agar dapat bersinergi dengan PKK dan Dekranasda, Susun program dan laksanakan pembangunan secara partisipatif  dan manfaatkan kemitraan dengan PKK dan Dekranasda secara proporsional untuk menyukseskan program /kegiatan pemerintah,” tegasnya menutup sambutan.
 
Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula penghargaan kepada perwakilan mantan pengurus TP. PKK periode lalu oleh Ketua TP. PKK Kab. Pekalongan yang baru, Ny. Munafah Asip Kholbihi.
Powered by Blogger.