Header Ads

Kooperatif,Dua Tersangka Kasus PSDA Tidak Ditahan

Hasil gambar untuk lambang kejariKAJEN - Penyidik Kejari Kajen tidak menahan dua tersangka kasus dugaan korupsi dalam proyek Dinas Pengelolan Sumber Daya Air Energi Sumber Daya Mineral (PSDA ESDM) Kabupaten Pekalongan TA 2015 lantaran dinilai kooperatif. Kedua tersangka adalah Direktur CV Sidodadi berinisial BS, dan Pelaksana CV Sejahtera Abadi, KH.Dari pantauan kedua tersangka menjalani pemeriksaan selama lebih dari dua jam dengan didampingi oleh PH, Widiarto SH di ruang Pidana Khusus.

Sebelumnya Kejari Kajen telah menahan tiga tersangka kasus dugaan korupsi dalam proyek Dinas Pengelolan Sumber Daya Air Energi Sumber Daya Mineral (PSDA ESDM) Kabupaten Pekalongan TA 2015.

Kejari Kajen Ahelia Abustam melalui Kasintel selaku Humas, Slamet Hriyadi membenarkan. Kedua tersangka hari ini (Rabu 13/7) menjalani pemeriksaan kasus Proyek PSDA ESDM Kabupaten Pekalongan. Mereka adalah direktur CV Sidodadi terasngka, BS dan pelaksana CV Sejahtera Abadi, KH. 

"Hari ini (Rabu 13/7) dua tersangka diperiksa berkaitan dengan proyek PSDA, sedangkan untuk kerugian itu masuk materi dalam persidangan dan kita cuma pemeriksaan. Untuk ditahan atau tidak ini dilihat dari hasil pemeriksaan dari penyidik dilihat subyektif penahanan. Kalau menurut subyek dianggap bisa menghilangkan barang bukti itu bisa ditahan namun kalau kooperatif maka tidak," terangnya. 

Dikatakan dari Senin (11/7) sampai Rabu (13/7) sudah datang lima tersangka dan satu tidak hadir karena sakit. Namun yang satu tidak hadir akan dipanggil kembali untuk kedua kali.

"Kalaupun sampai tidak hadir lagi maka kita jemput paksa. Sedangkan untuk barang bukti banyak itu masuk dalam dakwaan dan kemarin sudah digeledah," imbuhnya.

Sementara Penasehat Hukum, kedua tersangka, Widiarto mengatakan bahwa kedua kliennya merupakan penggarap proyek di Dinas PSDA ESDM Kabupaten Pekalongan tepatnya di Pintu Air Desa Siapi-api, Kecamatan Wonokerto senilai Rp 197 juta. Adapun negara dirugikan sekitar Rp 70 jutaan yang dikerjakan CV Sejahtera Abadi. Sedangkan CV Sidodadi selaku penggarap proyek pintu air di Desa Mulyorejo, Kecamatan Wonokerto.

Powered by Blogger.