Header Ads

Bupati Buka Manasik Haji 2016

KAJEN – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, SH. M.Si  membuka secara langsung Manasik Haji bagi Jamaah calon haji Kabupaten Pekalongan Tahun 2016. Kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Al-Muhtaram tersebut dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pekalongan (Drs. H. Imam Tobroni, M.Ag), serta jajaran Muspida Kab. Pekalongan.Selasa hari ini (12/7).
 
Mengawali sambutannya, Bupati menghimbau kepada para jamaah calon haji agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti manasik haji, karena menurutnya amal tanpa ilmu ‘ora kanggo’, ditambah lagi karena persoalan haji adalah ibadah yang sangat susah kesempatannya, untuk itu dirinya menghimbau agar para jamaah calon haji memegang prinsip atau berpandangan bahwa dirinya hanya sekali seumur hidup akan naik haji.
 
Pada kesempatan tersebut Asip juga menerangkan kepada 705 jamaah calon haji Kab. Pekalongan yang terdiri dari 317 pria dan 388 wanita tentang esensi  dari kegiatan manasik haji yang merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah dan merupakan pembekalan menyeluruh bagi jamaah calon haji yang meliputi, pelayanan administrasi, kesehatan, keamanan dan pembekalan tekhnis lainnya, dalam rangka memberikan kemudahan dan kenyamanan beribadah.
  
“Manasik Haji merupakan simulasi seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji,” jelasnya.
 
Bupati juga mengingatkan bahwa haji merupakan ibadah yang membutuhkan stamina fisik yang prima dan kemantapan psikis karenanya kepada seluruh jamaah calon haji Asip berharap agar hal tersebut dipersiapkan sebaik-baiknya. Sedangkan kepada Kemenag Kab. Pekalongan, Asip berharap agar mampu senantiasa meningkatkan kualitas pelayan ibadah haji sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya . 
 
“ Jalin terus koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan KBIH dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan ibadah haji di Kabupaten Pekalongan,” tegasnya.
 
Rencananya Jamaah Haji Kab.Pekalongan yang terbagi  dalam 2 kloter, yaitu kloter 4 dan kloter 5. Kloter 4 terdiri dari 352 jamaah ditambah 8 petugas haji, akan dilepas /diberangkatkan pada tanggal 9 Agustus 2016 . Sedangkan kloter 5 terdiri dari 348 jamaah ditambah 8 petugas haji dan akan diberangkatkan pada tanggal 10 Agustus 2016.
Powered by Blogger.