Header Ads

12 Warga Terkena Ledakan Petasan Ukuran Besar


KAJEN - 12 orang menjadi korban ledakan petasan ukuran besar di Kelurahan Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan. Rencananya, petasan tersebut disiapkan untuk merayakan tradisi Syawalanpada rabu (13/7).

Para korban ledakan petasan tersebut tersebar di tiga rumah sakit terdekat, yakni RSUD Bendan, RSUD Kraton, dan RS HA Djunaid. Namun, korban di RSUD Bendan dan RS HA Djunaid sudah pulang dan hanya menjalani rawat jalan. Sementara enam korban di RSUD Kraton, masih mendapatkan perawatan intensif RSUD Kraton. Bahkan satu diantaranya masih diruang ICU untuk dilakukan tindakan operasi.

Petugas IGD RSUD Bendan, Chisnaini, mengatakan, tiga korban ledakan petasan tersebut masuk ke rumah sakit setempat pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.45 WIB. Namun ketiganya sudah dibawa pulang oleh pihak keluarga. Sebab, ketiganya hanya mengalami luka ringan.

Sementara itu, dokter jaga IGD RSUD Kraton, Ihwanudin Hanif, mengatakan, enam korban dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 01.05 WIB dini hari diantar keluarganya. Lima korban diantaranya sudah masuk ke ruang perwatan, dan satu korban mas‎ih di ruang ICU.

"Identitas korban yang paling parah yakni M. Ihwanul Khirom, 18. Kondisinya korban Khirom, mengalami luka bakar 38-45 persen, dan berada pada grade dua dan tiga," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Ihwanul Khirom akan segera dilakukan operasi. Sebab, korban tersebut mengalami patah kaki sebelah kanan. 

"Jadi akan mendapatkan penindakan dari dokter bedah. Sedangkan luka bakarnya hampir merata dari luar dan dalam," jelasnya.

Terpisah Kapolresta Pekalongan, AKBP Enrico Sugiharto Silalahi, membenarkan kejadian tersebut.Pihaknya mengaku sudah mendapat laporan jumlah korban ledakan petasan tersebut yakni mencapai 12 orang. Namun, para korban ledakan petasan tersebut hingga kemarin belum bisa dimintai keterangan.

Powered by Blogger.