Header Ads

Hari Kesatuan Gerak (HKG),PKK Serahkan Berbagai Penghargaan


KAJEN – Penghargaan Adhi Bhakti Pratama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Pekalongan Tahun 2016 siang hari ini (31/3) diserahkan kepada 7 Anggota Tim Penggerak PKK  Kabupaten Pekalongan dalam acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 44 Kab. Pekalongan Tahun 2016 di Pendopo Rumag Dinas Bupati Pekalongan di Kajen.
 
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Bupati Pekalongan Drs.H.A.Antono, MSi masing-masing  kepada Ny. Hiendarti Soesilo Oetomo, Ny. Tutik Djoko Pranowo, Ny. Ning Budiarti, Ny. Azizah Sri Hartati, Ny. Sri Sutatiningsih, dan Ny. Dayati serta Ny. Rukmini atas komitmen dan pengabdiannya pada Gerakan PKK.
 
Penghargaan lain diserahkan kepada para pelaksana terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Pekalongan tahun 2015 yang masing masing diserahkan kepada desa Kemplong Kecamatan Wiradesa sebagai pelaksana terbaik I TP PKK Desa/Kelurahan dan kepada Kecamatan Kajen sebagai pelaksana Terbaik I TP PKK Kecamatan.
 
Selain itu beberapa piagam penghargaan dan piala juga diserahkan kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Kab. Pekalongan Tahun 2016 ini. Diantaranya adalah Lomba Tertib Administrasi, Lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), Lomba UP2K PKK (Usaha Peningkatan Pendapatan Kesejahteraan PKK), lomba Hatinya PKK, Lomba Pemanfaatan Toga, Lomba Percontohan Pemanfaatan Halaman Sekretariat PKK, Lomba Simulasi Ular Tangga, Lomba Kader Umum Tahun 2016 dan Lomba Kader Posyandu tahun 2016.
 
Bupati Pekalongan sebagai Ketua Pembina PKK Kabupaten Pekalongan dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya pada TP PKK khususnya yang ada di desa atas apa yang sudah dilakukan baik itu menyangkut program pemerintah maupun kiprahnya bermasyarakat. “Atas dukungan dan partisipasi PKK, beberapa program pemerintah dapat berhasil dengan baik dan mencapai capaian yang cukup tinggi. Seperti PIN misalnya, yang atas dukungan PKK capaiannya bisa lebih dari 90%. Belum lagi dengan kegiatan yang lain,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Antono juga mengaku senang dengan semangat, kreatifitas dan kepercayaan diri TP. PKK yang selalu nampak dalam PKK. “Ini saya minta bisa menjadi spirit dan motivasi para Kepala SKPD untuk melaksanakan kegiatan dengan penuh semangat dan kreatifitas yang tinggi,” ujarnya.
 
Dalam kesempatan tersebut Antono juga menyampaikan bahwa menurutnya gerakan PKK ini juga merupakan wadah bagaimana kita mengekspresikan diri kita didalam rangka keimaman kepada Tuhan Yang Maha Esa yang artinya kalau dalam perspektif keagamaan adalah juga lahan ibadah. “Mudah-mudahan gerakan ini juga dapat memotivasi organisasai yang lain dalam melaksanakan kiprahnya walaupun dalam keterbatasan masih punya jati diri,” harapnya.
 
Mengakhiri sambutannya, tak lupa Bupati menyampaikan harapannya agar hubungan yang sudah baik antara Pemerintah dan PKK tidak terputus, bahkan justru akan semakin baik, baik dengan Pemerintah maupun mitra yang lain. “Terimakasih pada Aisiyah dalam penanggulangan TB Paru dan HIV, Muslimat dengan Narkoba. Semoga organisasi yang lain dapat berperan lebih aktif lagi. Kalau masing-masing mengambil perannya maka Pemkab akan merasa terdukung,” tambahnya.
 
Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan Ir. Arini Antono saat membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK dr. Erni Guntarti Tjahyo Kumolo menyampaikan bahwa tema sentral Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini adalah “Dengan HKG PKK ke 44 tahun 2016 Kita Wujudkan Kinerja Gerakan PKK Melalui Penguatan Dasawisma”. “Tema ini mengandung makna bahwa dengan peringatan HKG PKK diharapkan jajaran Tim Penggerak PKK secara berjenjang harus mampu membuktikan kinerjanya dengan berupaya keras untuk memperkuat perananan kelompok Dasawisma yang merupakan ujung tombak Gerakan PKK,” jelas Arini.
 
Melalui tema tersebut Ketua Umum PKK juga mengajak seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader kader PKK termasuk Kader Dasawisma. “Saya juga menaruh harapan besar agar Gubernur, Bupati dan Walikota selaku Ketua Pembina TP PKK di daerah berkenan memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap program-program PKK sehingga PKK dapat memberikan andil dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga menunju masyarakat yang maju dan sejahtera menunju hari esok yang lebih baik,” jelasnya.
 
Lebih lanjut dr. Erni menyampaikan beberapa hal kepada segenap jajaran TP PKK, para Kader PKK dan Kader Dasawisma untuk senantiasa bekerja dengan semangat relawan dan tanpa pamrih. Serta mengembangkan jalinan kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak untuk kelangsungan program-program PKK. “Jangan pernah lelah untuk selalu menimba ilmu karena perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini menuntut kita untuk selalu menyesuaikannya,” tegasnya.
 
Dibagian lain Ny. Tutik Djoko Pranowo  dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan HKG tersebut adalah untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat. Disamping itu juga untuk meningkatkan pemahaman segenap jajaran Tim PKK dan masyarakat dalam rangka memberdayakan kesejahteraan keluarga. “Serta untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan kegiatan PKK dan melaksanakan program programnya,” jelas Tutik.
Powered by Blogger.